Solusi Banjir, Prembun Desak Realisasi Cross Drain

Solusi Banjir, Prembun Desak Realisasi Cross Drain

Banjir mulai surut di Desa Prembun, Kamis (13/10) lalu. -Bhabinkamtibmas Polsek Tambak untuk Radarmas---

BANYUMAS-Pemerintah Desa Prembun Kecamatan Tambak mendesak supaya usulan pembangunan cross drain mendapatkan perhatian dari pihak terkait. Menyusul luapan banjir yang menggenangi pemukiman warga pada Oktober kemarin.

Kepala Desa Prembun Masudi menyampaikan proposal usulan cross drain sebagai solusi banjir telah dilayangkan sejak beberapa tahun silam. Oleh karena itu, besar harapan cross drain segera terealisasi.

BACA JUGA:Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Dugaan Korupsi, Ini Yang Dilakukan Kades Sindang

Permasalahan delta di Nusawungu, Cilacap yang pernah disampaikan disebut Masudi merupakan solusi banjir secara umum di wilayah timur Banyumas.

"Di Prembun khususnya yang mendesak adalah terealisasinya pembangunan cross drain sebagai solusi banjir," terang Masudi, Senin (14/11).

BACA JUGA:Rekanan yang Mengerjakan Gedung Baru DPRD Purbalingga, Ternyata Dua Kali Putus Kontrak di Proyek Lain

Sungai Ijo ketika musim penghujan berpotensi meluap. Akibat luapan sungai, pemukiman dan areal persawahan tergenang air banjir.

Persoalannya, luapan air sungai kesulitan surut. Selain adanya delta. Kondisi diperparah oleh terhalang bangunan irigasi tersier.

"Cross drain sebagai solusi terhalangnya air banjir mengalir karena terhalang bangunan saluran irigasi. Air banjiir terbuang lewat cross drain," papar Masudi.

BACA JUGA:Tap on Bus Direncanakan Terpasang dalam Waktu Dua Hari Ini

Pemerintah Desa Prembun mengharapkan keseriusan semua pihak terkait dalam mengatasi persoalan banjir. Sangat prihatin saat banjir hanya dianggap sebagai peristiwa yang telah biasa terjadi dengan menyebut wilayah langganan. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: