Camat Sumpiuh Sisir Data Janda, di Kelurahan Sumpiuh Saja Ada 200 Janda, Ini Gerakannya

Camat Sumpiuh Sisir Data Janda, di Kelurahan Sumpiuh Saja Ada 200 Janda, Ini Gerakannya

Walem menyiapkan ramban untuk pakan dua kambing peliharaannya di kandang yang berada di belakang rumah, Minggu (6/11). -Fijri/Radarmas---

BANYUMAS, RADARBANYUMAS.CO.ID -Relawan Penjaga Janda (rel ganda) Sumpiuh mulai menyisir data Janda. Camat Sumpiuh Ahmad Suryanto membeberkan telah mengantongi angka Janda di Kelurahan Sumpiuh.

"Kita buka data kependudukan, di Kelurahan Sumpiuh saja ada 200an orang janda. Data cerai hidup cerai mati, janda secara umum semua umur," terang Ahmad, Kamis (10/11).

BACA JUGA:Wah, Pengemudi Ojek Online Geruduk Hotel, Jumlahnya Ratusan, Cari Orang Lagi Sembunyi, Polisi Bergerak

Dari jumlah tersebut, apabila perhitungan kasar rata-rata se wilayah Kecamatan sebanyak 14 kelurahan/desa. Maka lebih dari seribu orang janda secara umum.

"Sebanyak itu janda. Jadi, dengan pembentukan divisi-divisi akan lebih berkembang pelayanan dari Rel Ganda, tidak hanya lansia," imbuh Ahmad.

BACA JUGA:Kecelakaan Maut di Cilongok, Mobil Pikap Angkut 8 Pekerja, Sempat Terbalik, Dua Tewas di Lokasi Kejadian

Divisi trauma centre misalnya. Ahmad menggambarkan kondisi psikologis seorang janda yang kerap dipandang sebelah mata. Atau janda yang mengalami trauma akibat kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Penanganan psikologis para janda menjadi perhatian Rel Ganda nantinya. Sehingga, dapat bangkit kembali menata hidup.

BACA JUGA:Astaga, Video Link Wanita Kebaya Merah dan Pria Handuk Putih Beredar, Ternyata Pemerannya Pasien RSJ

"Janda itu memiliki perasaan serba salah, terutama yang muda atau masih berpotensi untuk menikah. Ada saja komentar misalnya janda gatel. Terus yang korban KDRT. Rel Ganda fasilitasi melalui divisi trauma centre," papar Ahmad.

BACA JUGA:Koleksi Museum Prof Dr R Soegarda Poerbakawatja Purbalingga, Banyak yang Dipinjam Museum Lain

Rel Ganda merupakan aksi nyata kepedulian terhadap janda. Menurut Ahmad bahwa janda adalah ibu dan seorang ibu segalanya. (fij)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar banyumas