Cilacap Zero Kasus Gagal Ginjal Akut pada Balita

Cilacap Zero Kasus Gagal Ginjal Akut pada Balita

Kepala Dinas Kesehatan Cilacap Pramesti Griana Dewi memberikan penjelasan terkait gejala gagal ginjal akut pada balita, Kamis 20 Oktober 2022.-DOK. JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Dinas Kesehatan Kabupaten CILACAP mengklaim belum ada temuan kasus gagal ginjal pada balita di wilayahnya meski temuan kasus tersebut terbilang tingga hingga di 20 Provinsi di Jawa Tengah.

"Di Cilacap masih zero kasus, semoga tidak sampai sini, " kata Kepala Dinas Kesehatan Cilacap, Pramesti Griana Dewi kepada Radarmas, Kamis 20 Oktober 2022.

Meski demikian pihaknya meminta masyarakat untuk waspada jika ditemui gejala yang mengarah ke gagal ginjal akut pada anak.

BACA JUGA:Layanan Kesehatan di Cilacap, Setop Sementara Penggunaan Obat Sirup

"Segera melapor untuk ditangani jika menemui gejala seperti batuk pilek demam kemudian rasa ingin buang air kecil tapi cuma sedikit bahkan tidak sampai keluar pada balita," lanjut Pramesti.

Saat ini Dinas Kesehatan sudah melaksanakan himbauan dari Kemenkes untuk menghentikan sementara peredaran obat cair atau sirup hingga proses penyelidikan terkait penyebab penyakit itu ditemukan.

BACA JUGA:Lagi Asyik Main Judi Remi di Gudang Kecamatan Kembaran, 4 Bapak-Bapak Diciduk Sat Reskrim Polresta Banyumas

"Kita sudah info kan ke semua faskes, Klinik, Rumah Sakit hingga apotik untuk menghentikan sementara obat cair hingga waktu yang belum ditetapkan," tutup Pramesti.(jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: