Musim Penghujan, Masyarakat Banyumas Diminta Tingkatkan Kesiapsiagaan dan Kewaspadaan

Musim Penghujan, Masyarakat Banyumas Diminta Tingkatkan Kesiapsiagaan dan Kewaspadaan

Hujan di Purwokerto -Foto Dimas Prabowo/Radar Banyumas -

Radarbanyumas, Banyumas- Memasuki musim penghujan pada akhir tahun ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyumas menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan khususnya di daerah rawan bencana. 

Apalagi dengan meningkatnya kejadian bencana sepanjang tahun 2022 ini, dibanding tahun 2021 lalu. 

Dengan masuknya musim penghujan, potensi bencana  alam diperkirakan akan tambah meningkat. 

"Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem," kata Gatot Eprie, Sekretaris BPBD Banyumas

Waspada dari potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai kilat, petir dan diikuti angin kencang, serta dampak yang dapat ditimbulkan. 

"Seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, puting beliung, pohon tumbang, dan jalan licin," tambahnya. 

Pihaknyapun meminta, agar masyarakat dapat meningkatkan kesiapsiagaan serta kewaspadaan bilamana terjadi hujan lebat atau cuaca ekstrem, khususnya di daerah potensi rawan bencana. 

"Kepada Masyarakat untuk menjauh dari bantaran sungai, tubuh air atau wilayah rawan banjir, serta lereng yang rawan longsor, bila mana terjadi hujan dengan intensitas yang cukup tinggi dan lama," pungkasnya. (win)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: