Akuakultur UMP Kembangkan Pembenihan Gurami dengan Teknologi Bioflok

Akuakultur UMP Kembangkan Pembenihan Gurami dengan Teknologi Bioflok

Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Program Studi Akuakultur Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berhasil kembangkan pembenihan ikan gurami menggunakan teknologi bioflok di Desa Bukateja, Kabupaten Purbalingga. -HUMAS UMP UNTUK RADARMAS-

“Wabah penyakit tersebut masih menyerang hingga saat ini sehingga banyak anggota Pokdakan yang mengalami kerugian besar. Tidak hanya benih ikan gurami saja banyak yang mati, namun induk ikan gurami yang dimiliki anggota Pokdakan sebagian besar juga banyak yang mati,” katanya. 

Diduga, lanjut Iskandar, penyebab merebaknya wabah penyakit ikan gurami tersebut akibat menurunnya daya tahan tubuh atau imunitas ikan gurami dan kualitas air yang digunakan untuk pembenihan ikan gurami. 

“Sumber air yang digunakan untuk pembenihan ikan gurami berasal dari saluran irigasi yang mengalir di Desa Bukateja. Saluran irigasi tersebut sudah mengalami pencemaran yang berasal dari limbah domestik dan limbah pertanian, yang berasal dari pestisida dan pupuk kimia yang digunakan untuk aktivitas pertanian,” pungkasnya.(war/tgr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: