Tim Dosen FT dan FIB Unsoed Simulasi Aplikasi Permainan Edukasi di SLB B Yakut Bagi Siswa Tuna Rungu Wicara

Tim Dosen FT dan FIB Unsoed Simulasi Aplikasi Permainan Edukasi di SLB B Yakut Bagi Siswa Tuna Rungu Wicara

Ilustrasi : Ketua Kegiatan, Yogiek Indra Kurniawan menerangkan game edukasi pada siswa SLB B Yakut Purwokerto.-Tim Dosen Unsoed untuk Radar Banyumas-

PURWOKERTO- Sebuah aksi nyata dilakukan oleh tim dosen Fakultas Teknik (FT) dan dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), dalam meningkatkan teknologi pembelajaran di era serba digital. Pada Kamis (22/09), tim pengabdian kepada masyarakat yang terdiri dari dosen FT, dosen FIB, dan beberapa mahasiswa Unsoed melakukan simulasi aplikasi game edukasi untuk anak tuna rungu wicara, di SLB B Yakut Purwokerto.

Ketua Kegiatan, Yogiek Indra Kurniawan, ST, MT mengatakan, game edukasi merupakan dihasilkan oleh tim. Ditampilkan dalam website sekolah pada menu Edugame. Menu ini berisi permainan-permainan untuk meningkatkan pembelajaran di SLB B Yakut Purwokerto.

"Edugame yang dibuat oleh tim pengabdian terbukti menarik untuk meningkatkan pembelajaran bagi siswa tuna rungu, karena selain belajar, siswa juga diajak bermain," katanya.

Kegiatan simulasi ini merupakan lanjutan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh tim pada Juli 2022. Pada saat itu, tim pengabdian menggelar pengabdian masyarakat di SLB B YAKUT Purwokerto, bertajuk Peningkatan Teknologi Pembelajaran dan Literasi Media.

Yogiek menuturkan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memberikan edukasi untuk meningkatkan teknologi pembelajaran dan literasi media. Baik pada guru maupun siswa di SLB B YAKUT Purwokerto yang diselenggarakan 19 Juli 2022 di SLB B Yakut Purwokerto.

Pada kegiatan tersebut menghadirkan tiga narasumber, yaitu Yogiek Indra Kurniawan, ST, MT dengan paparannya mengenai Pengembangan Website dan Media Pembelajaran bagi siswa tuna rungu.

Ada juga Uki Hares Yulianti, SPd, MPd dengan paparannya mengenai Peningkatan Literasi Media bagi Guru dan Siswa Tuna Rungu. Dan narasumber lainnya, Nadia Gitya Yulianita, SPd, MLi yang menyampaikan mengenai Penerjemahan Berita Bahasa Inggris.

"Rangkaian kegiatan ini mendapat apresiasi yang luar biasa baik, dari guru maupun siswa SLB," tutur Yogiek.

Kepala Sekolah di SLB B Yakut Purwokerto, Netti Lestari, SPd mengharapkan, kegiatan pengabdian ini masih bisa berkelanjutan. Selain itu, mereka juga mengharapkan kegiatan-kegiatan pengabdian pada masyarakat yang lain juga dapat dilakukan demi kemajuan dan kepentingan bersama. (rdr/ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: