Honda

BPS Siapkan 3000 Petugas Regsosek, Hari Ini Mulai Pelatihan

BPS Siapkan 3000 Petugas Regsosek, Hari Ini Mulai Pelatihan

Petugas pencatat Regsosek dari Kecamatan Cimanggu mendapat pelatihan di Hotel Daffam, Kamis 22 September 2022-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Cilacap rekrut 3000 petugas untuk pendataan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022.

Ke 3000 petugas itu berasal dari 24 Kecamatan dan akan mulai bertugas mulai 15 Oktober 2022 mendatang.

"Kemarin sudah kita sosialisasikan dan dibuka oleh Sekda, hari ini mulai pelatihan," kata Kepala BPS Cilacap Isnaini saat ditemui Radarmas, Kamis 22 September 2022.

BACA JUGA:Tercatat Sudah 73 Kasus Rudapaksa Ditangani UPTD PPA Sepanjang 2022

Sebanyak 3000 petugas tersebut akan mendapat pelatihan yang terbagi menjadi 7 gelombang, dimana tiap gelombang dibagi dari beberapa Kecamatan.

"Hari ini sebanyak 401 petugas dari Kecamatan 5 kecamatan yaitu Gandrumangu, Bantarsari, Cimanggu, Sidareja dan Cialcap Utara sudah mulai pelatihan di 5 Hotel yang sudah kerjasama dengan kita," kata Isnaini lebih lanjut.

Para petugas itu akan mencatat mengenai kondisi sosial ekonomi, kondisi perumahan sanitasi, kepemilikan aset, kondisi penduduk khusus atau rentan, tingkat kesejahteraan sosial dan ekonomi.

BACA JUGA:Korban Rudapaksa Cilongok Hamil Tiga Bulan, Dapat Pendampingan Psikolog

"Peta nya, 1 petugas untuk 250 Kepala Keluarga itupun disesuaikan dengan geografi serta jumlah penduduk per Kecamatan," tambah Isnaini.

Hasil dari pendataan tersebut akan digunakan sebagai barometer untuk menentukan kebijakan-kebijakan dari Pemerintah Pusat sekaligus untuk sinkronisasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dari Kementrian Sosial.

BACA JUGA:Bagian Belakang Pasar Proliman Belum Dimanfaatkan

"Salah satunnya untuk mencegah pemberian bantuan sosial yang tidak tepat sasaran kemudian dari segi kesehatan bisa terlihat mana yang belum punya jamban sehat dan kebijakan - kebajikan lainnya," tutup Isnaini. 

Sumber: