Percepat Verifikasi DTKS di Cilacap Melalui SIMSos

Percepat Verifikasi DTKS di Cilacap Melalui SIMSos

Kepala Dinas Sosial Cilacap, Arida Puji Hastuti.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Pemerintah Kabupaten CILACAP menyiapkan strategi dan program untuk menanggulangi angka kemiskinan dan pengangguran yang naik selama pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Cilacap, Arida Puji Hastuti mengatakan, angka kemiskinan Kabupaten Cilacap Tahun 2021 naik sebesar 0,21 persen atau 3.110 jiwa menjadi 11,67 persen atau 201.710 jiwa penduduk miskin.

Sementara Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) tahun 2021 meningkat dari 9,1 persen menjadi 9,97 persen. 

BACA JUGA:PSCS Cilacap Rekrut Dua Pemain PSM Makassar

Pihaknya akan melakukan pendampingan desa atau kelurahan miskin oleh perangkat daerah/unit kerja menuju Cilacap semakin sejahtera secara merata dan updating data kemiskinan berbasis aplikasi SIMSos.

"Melalui aplikasi SIMSos ini, mampu memutakhirkan serta mempercepat verifikasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS atau basis data yang digunakan pemerintah untuk menyalurkan bansos PKH dan BPNT," katanya.

BACA JUGA:SD dan SMP se Kabupaten Purbalingga Mulai Terapkan Kurikulum Merdeka

Menurut Arida, terdapat ribuan data berhasil dimutakhirkan melalui aplikasi SIMSos tersebut, yakni bagi mereka yang berhak mendapatkan bantuan sosial maupun sebaliknya. 

"Kedepan kita juga terus melakukan pemutakhiran data, ini terkait bantuan dari Kemenkominfo untuk keluarga miskin," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: