Keluarga Kirtam asal Purwokerto dan Sufjul asal Cilongok Transmigrasi ke Gorontalo, Ini Kata Dinakerkop UKM

Keluarga Kirtam asal Purwokerto dan Sufjul asal Cilongok Transmigrasi ke Gorontalo, Ini Kata Dinakerkop UKM

Ilustrasi transmigrasi -Foto dok disway-

PURWOKERTO - Dua KK dengan jumlah 9 jiwa ikuti program Transmigrasi Kabupaten Banyumas Tahun 2022. Mereka adalah keluarga Kirtam dari Kecamatan Purwokerto Utara dan keluarga Sufjul Anom dari Kecamatan Cilongok. Mereka diberangkatan ke Gorontalo, Jumat (19/08). 

Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan Usaha Kecil Mikro Joko Wiyono mengatakan, dilokasi transmigrasi setiap kepala keluarga akan mendapatkan lahan seluas 1,5 hektar yang diberikan secara bertahap.

"Selain itu, juga rumah tipe 36 layak huni, serta jatah hidup berupa sembako selama satu tahun," kata dia. 

Dia juga menerangkan, bahwa kondisi lokasi yang dituju dalam kondisi baik. "Tanah di sana  subur dalam kondisi siap tanam. Jalan, rumah, dan air juga dalam kondisi baik," imbuhnya. 

Selain itu, masing-masing kepala keluarga transmigran juga dibekali uang saku sebesar Rp 4 juta oleh Baznas Kabupaten Banyumas. Dan telah mendapat pembekalan pelatihan teknis pertanian dan teknis rumah tangga oleh Dinnakerkop UKM Kabupaten Banyumas. 

"Yang penting komitmen dan motivasi mereka untuk bersungguh-sungguh bahwa dengan bertransmigrasi itu untuk dapat merubah hidup mereka menjadi lebih baik," tandasnya. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: