Festival Paralympic Banyumas Segera Digelar, Ini Lima Cabor yang Dipertandingkan

Festival Paralympic Banyumas Segera Digelar, Ini Lima Cabor yang Dipertandingkan

Sapto saat memenangkan kejuaraan di ASEAN PARA GAMES 2022-Humas Pemkab untuk Radar Banyumas-

PURWOKERTO - Dalam upaya menjaring atlet disabilitas, National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kabupaten Banyumas akan menggelar Festival Paralympic Banyumas. 

Pun ini sebagai regenerasi, agar muncul bibit-bibit seperti Sapto Yogo Purnomo yang berhasil menjadi atlet nasional dan sudah meraih prestasi hingga tingkat internasional dalam bidang olah raga atletik cabang lari cepat.

Ketua NPCI Kabupaten Banyumas Suwondo mengatakan Festival Paralympic Banyumas akan digelar pada Bulan September sekaligus memperingati Hari Olah Raga Nasional (Haornas). 

Dia katakan, saat ini NPCI juga sedang melakukan rektrutmen atlet difabel untuk delapan cabang olahraga sebagai persiapan menghadapi Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Tahun 2022 dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparprov) tahun 2023. 

Delapan cabor tersebut yaitu atletik, renang, tenis meja, bulu tangkis, boccia, panahan, catur dan goal ball

"Saat ini masih banyak para disabilitas yang cenderung menutup diri. Padahal mereka punya kesempatan untuk berprestasi sebagaimana yang lain," katanya disela-sela Gladi Upacara HUT RI di Alun-alun Selasa (16/8)

Sedangkan untuk Festival Paralympic Banyumas rencananya akan mempertandingkan lima cabang olahraga yaitu atletik, bulutangkis, tenis meja, renang dan catur.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas Asis Kusumandani berharap, dengan adanya Festival Paralympic Banyumas, para orang tua yang memiliki anak disabilitas agar mengizinkan putra putrinya mengikuti kegiatan ini.

"Anak-anak disabilitas pun bisa berprestasi hingga tingkat dunia, seperti Mas Sapto Yogo Purnomo," tuturnya. (mhd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: