Warga Desa Jalatunda Banjarnegara Antusias Ikuti Upacara Bendera dan Tumpengan

Warga Desa Jalatunda Banjarnegara Antusias Ikuti Upacara Bendera dan Tumpengan

Warga sangat antusias mengikuti peringatan kemerdekaan. Ada sekitar 1.500 warga yang datang ke lapangan untuk mengikuti upacara. Acara dilanjutkan tumpengan bersama.-Foto Darno/Radar Banyumas -

BANJARNEGARA - Warga Desa Jalatunda Kecamatan Mandiraja berbondong-bondong ke lapangan desa untuk mengikuti upacara HUT RI ke 77, Rabu (17/8). Usai upacara, masyarakat menyantap makanan ramai-ramai. Berbagai jenis makanan tradisional disediakan oleh panitia.

Kepala Desa Mandiraja Satam mengatakan warga sangat antusias mengikuti peringatan kemerdekaan. "Ada sekitar 1.500 warga kami yang datang ke lapangan untuk mengikuti upacara," kata dia. Warga yang mengikuti upacara terdiri dari para siswa dari empat SD Negeri di Jalatunda, SMPN 4 Mandiraja, perangkat desa dan masyarakat umum.

Setelah upacara, kemudian dilanjutkan dengan tumpengan. Dia menyebut ada sekitar 50 jenis makanan tradisional yang disantap bersama-sama. Makanan ini terbuat dari bahan baku lokal seperti singkong, jagung, sayur mayur dan hasil bumi lainnya.

Kegiatan ini sekaligus untuk mengampanyekan agar masyarakat gemar mengonsumsi makanan tradisional. "Makanan tradisional ini lebih sehat karena tidak menggunakan bahan kimia," paparnya.

Makanan tradisional juga menunjukkan ketahanan pangan masyarakat Jalatunda. Sebab diproduksi sendiri oleh masyarakat dan tidak tergantung impor. "Alhamdulillah masyarakat kami tidak kekurangan pangan," ungkapnya.(drn)

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: