Meriahkan HUT RI, Warga Desa Karangnangka Gelar 'Ndimek Iwak Nang Kali'

Meriahkan HUT RI, Warga Desa Karangnangka Gelar 'Ndimek Iwak Nang Kali'

Warga desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng meriah dalam kegiatan menangkap ikan di sungai. Selain untuk memeriahkan HUT RI, juga wujud nyata membangun kepedulian warga agar sadar sungai bersih dalam pelestarian lingkungan. -Foto kiriman Suryadi untuk Radar Banyumas -

Banyumas - Desa Karangnangka semarak Minggu, 28 Agustus 2022 tadi siang. Sungai yang membentang di area pemukiman warga mendadak ramai. Meriah dan seru. 

Penyebabnya, 200 orang lebih warga di RT 01 RW 01 Desa Karangnangka berkumpul jadi satu. 

Mereka memperebutkan sejumlah ikan. 

Warga desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng meriah dalam kegiatan menangkap ikan di sungai. Selain untuk memeriahkan HUT RI, juga wujud nyata membangun kepedulian warga agar sadar sungai bersih dalam pelestarian lingkungan. 

"Kami menyemarakan HUT RI ke 77 sekaligus misi untuk Gerakan Masyarakat Sadar Kali bersih. Wujudnya "ndimek iwak neng kali". Sebagai bentuk wujud pelestarian lingkungan," kata Suryadi Indrasta, salah satu penggerak kegiatan tersebut. 

Dikatakannya, semarak HUT RI ini diikuti semua kalangan. Peserta warga RT 01 RW 01 ini untuk semua kalangan. Bapak-bapak dan ibu-ibu bergembira. Melupakan kepenatan dan menyatu dalam kebersamaan. 

"Orang tua turun ke sungai. Yang muda juga turun. Dengan demikian, yang muda akan mengerti bagaimana harus membuat sungai bersih untuk kedepannya," katanya. 

"Warga memperebutkan 130 kg ikan yang disebar ke sungai," tambahnya. 

Tak sekedar meriah dalam kegiatan "ndimek ikan Nang kali", warga juga mendapatkan berbagai hadiah. Kriterianya adalah menangkap terbanyak dengan tangan kosong. Ditambah lagi hadiah doorprize bagi yang menangkap ikan bertanda pita. 

"Kami guyub. Kami saling membantu. Termasuk di anggaran. Ya dari beberapa donatur dan sukarelawan dari warga RT 01," ucapnya. 

Penyelenggara lain, Suryanto menambahkan, keseruan HUT RI ke 77 ini juga sebagai wujud nyata membangun kepedulian masyarakat yang sadar akan pentingnya untuk menjaga kebersihan sungai. 

"Dan tentu menumbuhkan minat konsumsi makan ikan. Karena gizinya yang luar biasa," tutupnya. (ttg) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: