Honda

Dinsospermades Banyumas Usulkan Seratus Tongkat Pintar Untuk Alat Bantu Jalan Tuna Netra

Dinsospermades Banyumas Usulkan Seratus Tongkat Pintar Untuk Alat Bantu Jalan Tuna Netra

Ilustrasi disabilitas menggunakan tongkat bantu -Foto dok Jawapos -

PURWOKERTO- Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsospermades) Kabupaten Banyumas, tahun ini mengusulkan bantuan tongkat pintar untuk membantu tuna netra berjalan. Usulan tersebut disampaikan ke Sentra Satria Baturraden, sejak sebelum Lebaran Idul Fitri tahun ini.

 

Kepala Bidang Perlindungan Jaminan Rehabilitasi Sosial (PJRS) Dinsospermades Kabupaten Banyumas, Budi Suharianto mengatakan, dari Sentra Satria Baturraden dibuatkan nota dinas ke kementerian. Namun sampai saat ini belum ada jawaban.

 

"Kami usulkan seratus unit tongkat pintar, tapi tidak tahu bisa terpenuhi full atau tidak," katanya.

 

Budi juga tidak bisa memastikan kapan bantuan itu terealisasi. Dari Dinsospermades Banyumas hanya bersifat usulan. Dan itu pun dasar petunjuk dari Sentra Satria Kemensos Baturraden.

 

Dia menuturkan, pada tahun-tahun kemarin, kementerian juga memberi bantuan untuk disabilitas. Bantuan yang diteirma meliputi kursi roda, alat bantu dengar, peralatan dan modal untuk usaha, dan sebagainya. Bahkan ada yang mengajukan hewan ternak untuk usaha.

 

"Tentu kami ingin dengan bantuan ini, kaum disabilitas bisa lebih mandiri," tuturnya.

 

Seperti pada tahun kemarin, sudah diserahkan akomodasi untuk 50 disabilitas. Berupa ternak kambing dan ayam, peralatan pijat, serta kebutuhan dasar yaitu sembako.

 

Sumber: