Kantor Imigrasi Cilacap Tingkatkan Kualitas Pelayanan Melalui Inovasi

Kantor Imigrasi Cilacap Tingkatkan Kualitas Pelayanan Melalui Inovasi

PELAYANAN: Kanim Cilacap berupaya membangun Zona Integritas menuju WBK/WBBM dengan meningkatkan kualitas pelayanan dengan menciptakan inovasi, diantaranta yaitu Layanan Inovasi Kancil Ngapak. Layanan Inovasi Kancil Ngapak KEBUMEN-Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, Kantor Imigrasi Cilacap (Kanim) Cilacap berupaya membangun Zona Integritas menuju WBK/WBBM dengan meningkatkan kualitas pelayanan dengan menciptakan inovasi-inovasi. Salah satu Inovasi yang diciptakan yaitu Layanan Inovasi Kancil Ngapak (Kantor Imigrasi Cilacap Ngelayani Neng Kabupatan). Kegiatan yang dilaksanakan setiap hari Sabtu dan Minggu ke 2 (dua) di setiap bulan ini dilaksanakan di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Kebumen. Dimulai pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB, kegiatan dilaksanakan dengan selalu menerapkan protol kesehatan. https://radarbanyumas.co.id/imigrasi-cilacap-goes-to-school/ Untuk pendaftaran nomor antrian dilakukan hanya dengan menghubungi WhatsApp Kanim Cilacap yang dilaksanakan beberapa hari sebelumnya setelah pengumuman KANCIL NGAPAK dikeluarkan. Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilacap untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat umum terutama masyarakat Kabupaten Kebumen. dengan adanya layanan ini masyarakat tidak perlu jauh-jauh ke Kantor Imigrasi Cilacap tetapi cukup hanya datang ke MPP Kebumen. "Dengan inovasi ini masyarakat dapat menghemat biaya, waktu dan tenaga. Juga memberikan kesempatan kepada masyarakat yang tidak mendapatkan kuota nomor antrian pada aplikasi APAPO di hari-hari biasa," ungkap Kepala Kantor Imigrasi Cilacap, Yoga Ananto Putra. Banyak respon positif dari masyarakat Kebumen terhadap inovasi layanan ini. Masyarakat sangat terbantu dan dimudahkan dalam pembuatan paspor. Mereka tidak perlu untuk izin meninggalkan pekerjaan karena di hari Sabtu dan Minggu ini diberi kesempatan untuk membuat paspor. “Pelayanan di Kancil Ngapak ini sangat praktis dan bagus. Saya tidak perlu jauh-jauh ke Cilacap cukup di kebumen saja sudah bisa membuat paspor dengan mudah dan tidak perlu izin meninggalkan pekerjaan karena di hari Sabtu dan Minggu saya bisa membuat paspor. Pegawai-pegawainya ramah sekali, Dokumen-dokumen yang dibutuhkan sangat mudah untuk dikumpulkan,” Ujar Ahmad Setyo warga Kebumen yang telah mendapatkan pelayanan di Kancil Ngapak. Mendukung hal tersebut, beberapa pemohon memberikan dukungan dan masukan terhadap layanan ini. Agar pelayananan seperti ini tetap dipertahankan. “Pelayanan ini diteruskan saja ya, karena sangat membantu dimasa PPKM ini.” ujar Wulandari pemohon paspor lainnya. Setelah mendata jumlah pemohon paspor di Layanan KANCIL NGAPAK ini, didapatkan jumlah pemohon pada tanggal 09 - 10 Oktober 2021 sebanyak 9 orang. Jumlah yang cukup banyak untuk Inovasi Layanan ini, menunjukkan Inovasi ini menjadi Salah satu Inovasi Unggulan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Cilacap. (nas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: