5 Penyebab Mesin Mobil Overheat Meski Tidak Pernah Digunakan

5 Penyebab Mesin Mobil Overheat Meski Tidak Pernah Digunakan

Penyebab mesin mobil overheat meski tidak pernah digunakan -Pinterest -

Radiator adalah komponen vital dalam sistem pendinginan mobil. Fungsi utama radiator adalah untuk membuang panas dari cairan pendingin yang telah menyerap panas dari mesin.

BACA JUGA:Dari Mercedes Hingga MV Garuda, Inilah 8 Mobil Presiden Republik Indonesia

BACA JUGA:Mobil Tiba-Tiba Tidak Bisa Menyala? Lakukan 5 Hal Ini, Dijamin Langsung Berhasil!

Kotoran atau kerak dari cairan pendingin yang mengendap dalam radiator bisa menyumbat saluran pendinginan.

Sehingga radiator tidak dapat melakukan tugasnya dengan maksimal.

Pada mobil yang tidak digunakan dalam waktu lama, endapan kotoran dalam radiator dapat memperburuk kinerja pendinginan. 

Hal ini dapat terjadi karena cairan pendingin yang ada dalam sistem mungkin telah mengalami pengendapan atau pengeringan akibat pengaruh suhu atau kelembaban. 

BACA JUGA:Perbandingan Kecepatan Mobil Formula E dengan Formula 1: Mana yang Lebih Cepat?

BACA JUGA:7 Penyebab Utama Kerusakan CVT Mobil Honda

5. Penggunaan Cairan Pendingin yang Tidak Tepat atau Kualitas Rendah

Cairan pendingin (coolant) atau anti-freeze adalah bahan yang sangat penting untuk menjaga suhu mesin tetap stabil.

Penggunaan cairan pendingin yang tidak sesuai atau kualitas yang rendah dapat menyebabkan sistem pendinginan tidak berfungsi dengan baik. 

Cairan pendingin yang sudah usang atau tidak terjaga kualitasnya bisa kehilangan kemampuannya untuk menyerap dan membuang panas. 

BACA JUGA:Pentingnya Mengganti Timing Belt Mobil Tepat Waktu, Kamu Harus Tahu!

BACA JUGA:5 Cara Mudah Tune-up Mobil Sendiri di Rumah, Tanpa Ribet!

Pada mobil yang jarang digunakan, cairan pendingin yang ada dalam sistem bisa mengalami pengendapan atau oksidasi, sehingga kualitasnya menurun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: