Dosen UNU Purwokerto Gelar Pelatihan Budidaya Jamur di UD Agro Jamur Penolih

Dosen UNU Purwokerto Gelar Pelatihan Budidaya Jamur di UD Agro Jamur Penolih

Dosen UNU Purwokerto melakukan sosialisasi dan pelatihan budidaya jamur di UD Agro Jamur Penolih, Jumat dan Sabtu (11-12/10/2024). -Ratna Dwi Hirma untuk Radarmas-

Setelah kegiatan sosialisasi dilaksanakan, hari berikutnya dilakukan pelatihan tentang Produksi Jamur Tiram.

Proses mulai dari pembuatan media baglog, pembuatan baglog, pengukusan baglog, proses inokulasi, proses inkubasi hingga proses pemeliharaan Jamur dalam Kumbung.

Selain itu juga dilakukan pengamatan terhadap hama dan penyakit yang ada pada budidaya jamur tiram.

Harapannya adanya proses identifikasi hama dan patogen pada jamur tiram, dapat diketahui penyebabnya. Sehingga dapat dilakukan upaya pengendalian yang tepat untuk menekan perkembangan hama dan penyakitnya.

Kegiatan Sosialisasi tentang Penanganan Pascapanen Jamur Tiram juga dilakukan oleh Ratna, yaitu terkait pengemasan. Sosialisasi dilanjutkan dengan pelatihan peserta melakukan pengemasan yang dinamakan "Fresh Mushroom".

Proses pengemasan sendiri menggunakan packing dengan styroform dan plastik wrap dengan label yang sudah ditentukan.

Kegiatan dilakukan selama 8 bulan dalam langkah meningkatkan Produksi Jamur Tiram di UD Agro Jamur Penolih.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan nilai jual Jamur Tiram dari Rp. 10.000 menjadi Rp. 14.000 per kg.

"Produksi yang awalnya 30 kg per hari dapat ditingkatkan menjadi 50 kg hingga kapasitas dari jamur tiram menjadi 10.000 baglog," rinci Ratna.

Program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) akan terus berlanjut dan berkesinambungan dalam langkah penjaga hubungan dengan mitra. Setelah proses kegiatan berlangsung, mahasiswa UNU Purwokerto akan melaksanakan PKL di UD Agro Jamur Penolih.

Mahasiswa yang ikut PKL sendiri terdiri dari dua mahasiswa Agroteknologi, Idha Mar'atus Soliha dan Fia Ayu Saputri yang membahas budidaya jamur tiram di bawah bimbingan Ratna Dwi Hirma Windriyati, SSi MSi.

Ada juga empat mahasiswa Teknik Pertanian dan Biosistem yaitu Muhammad Za'im Muhtar, Muhammad Nurul Burhan, Dina Fitra Anggraini, Nafa Rotul Azqiya, Mutia Ulfa dan Nur Zaqiyah Putri di bawah bimbingan Anri Kurniawan STP MSc. (fij/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: