Waktu yang Tepat Mengganti Oli Gardan Motor Matic

Waktu yang Tepat Mengganti Oli Gardan Motor Matic

Mengenai waktu yang tepat untuk mengganti oli gardan pada sepeda motor matic yang harus Anda simak agar tidak salah ambil langkah.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.CO.ID - Komponen penting yang sering terlupakan pada motor matic adalah oli gardan. Pada jenis motor matic, oli gardan motor matic berperan penting dalam menjaga performa dan keawetan motor matic.

Kegagalan mengikuti prosedur perawatan oli ini dapat mengakibatkan kerusakan dan berkurangnya umur sepeda motor matic.

Meski tidak perlu diganti sesering oli mesin, namun penting bagi semua pemilik motor matic untuk memahami kapan dan mengapa oli ini perlu diganti.

Apa itu Oli Gardan?

Oli gardan atau oli transmisi merupakan salah satu jenis oli yang digunakan pada bagian transmisi dan gardan sepeda motor matic.

BACA JUGA:Daftar Motor Matic yang Harganya Jauh Lebih Murah dari iPhone 16 Pro 1 TB

BACA JUGA:Deretan Motor Matic Premium: Ada yang Harganya Setara dengan Mobil!

 

Oli gardan bertanggung jawab sebagai pelumas dan pelindung komponen-komponen pada poros terhadap pergerakan sepeda motor matic Anda. 

Oli roda gigi memiliki tekstur kekentalan yang lebih tinggi dibandingkan oli mesin karena harus menahan beban dan tekanan tinggi dari putaran gigi saat sepeda motor matic berjalan.

Penggunaan cairan transmisi yang tepat akan membuat gigi sepeda motor matic Anda tetap bekerja efisien dan tidak cepat aus.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih oli yang sesuai dengan spesifikasi motor matic Anda. Produsen sepeda motor matic biasanya merekomendasikan jenis oli yang akan digunakan berdasarkan spesifikasi teknis kendaraannya.

Fungsi Oli Gardan untuk Sepeda Motor Matic

Fungsi oli gardan sangat penting bagi kinerja sepeda motor matic. Pertama, oli ini berfungsi sebagai pelumas yang mengurangi gesekan antar roda gigi pada poros motor matic.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: