Perbedaan Oli Gardan dan Oli Mesin untuk Motor Matic

Perbedaan Oli Gardan dan Oli Mesin untuk Motor Matic

Mengenai perbedaan dari oli gardan dan oli mesin pada sepeda motor matic lengkap dengan pentingnya mengganti oli sepeda motor matic dengan teratur.-Fahma Ardiana-

Lalu apa perbedaan oli mesin dan oli gandar? Jika oli mesin bekerja di area bak mesin, oli gardan bekerja di rumah gardan.

BACA JUGA:3 Tips Upgrade CVT Motor Matic Yamaha Fazzio Agar Tarikan Gas Lebih Enteng

BACA JUGA:Penyebab Tarikan Gas Motor Matic Nmax Berat

 

Gardan merupakan suatu komponen motor matic yang mempunyai fungsi menyalurkan tenaga dari mesin ke roda penggerak. 

Perbedaan lainnya terletak pada tingkat kekentalannya. Viskositas oli gardan cenderung lebih tinggi dibandingkan oli mesin. Hal ini dikarenakan tegangan ri oli gardan lebih tinggi dan membutuhkan pelumas yang lebih kental.

Selain itu, oli gandar mempunyai sifat aditif khusus yang berguna untuk melindungi komponen motor matic dari tekanan tinggi dan juga beban berat.

Secara fungsional, oli gandar dan oli mesin membantu melumasi, mendinginkan, membersihkan, dan melindungi mesin motor matic.

Pentingnya penggantian oli secara teratur

Berikut di bawah ini merupakan pentingnya mengganti oli motor matic secara teratur, untuk menjaga kinerja motor matic agar selalu optimal:

1. Waktu yang Tepat Mengganti Oli Motor Matic

Pada sepeda motor matic, oli mesin biasanya perlu diganti setiap 2.000 km. Sebaiknya ganti oli mesin setiap dua minggu sekali, terutama jika Anda memiliki sepeda motor yang biasanya menempuh jarak 200 km per hari.

BACA JUGA:Harga Motor Matic Suzuki Nex II Mulai Rp 18 Jutaan, Cuma Beda Tipis Tapi Tetap Bikin Bingung Pilih yang Mana!

BACA JUGA:Harga Motor Matic Bekas 3 Jutaan! Beli Sekarang, Gak Perlu Nunggu Gajian!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: