Efek Samping yang Akan Terjadi Jika Oli Motor Matic Jarang Diganti

Efek Samping yang Akan Terjadi Jika Oli Motor Matic Jarang Diganti

Beberapa efek samping yang akan terjadi pada mesin motor matic jika sepeda motor matic jarang ganti oli.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.CO.ID - Oli atau pelumas, sebagai bagian krusial buat mesin motor, berlaku pula bagi motor matic. Jarang mengganti Oli, sanggup menyebabkan mesin motor matic rusak.

Oli yang tidak pernah diganti pada kurun ketika tertentu akan menjadi jenuh dan cenderung berwarna hitam pekat. Oli jenuh tersebut, berpotensi mengakibatkan kerak sebagai akibatnya menghambat mesin motor matic.

Paling parah, mesin motor matic akan mati mendadak waktu dipakai mengendarai kendaraan pada jalan raya. Rutin mengubah oli sanggup sebagai cara paling gampang buat merawat motor matic.

Pemiliknya hanya perlu tiba ke bengkel terdekat, tetapi disarankan sinkron menggunakan orisinil pabrik motor matic. Biasanya pekerja berdasarkan bengkel akan merekomendasikan oli yang cocok.

BACA JUGA:Jenis-Jenis Oli Motor Matic yang Harus Rutin Diganti

BACA JUGA:Cara Memilih Oli Mesin untuk Motor Matic , Harus Perhatikan Kode Kekentalan Oli

Mungkin terlihat sepele, namun jika Anda tidak sering mengganti oli sepeda motor matic, hal ini dapat menyebabkan kerusakan mesin berkali-kali. Oli yang gelap dan jenuh akan mengendap.

Endapan ini dapat mempengaruhi kinerja mesin motor matic. Selain itu, mesin sepeda motor juga terkena dampak buruk jika penggantian oli terlambat.

Berikut di bawah ini adalah efek samping yang akan terjadi pada mesin akibat motor matic jarang mengganti oli.

1. Penurunan performa mesin

Dampak negatif yang pertama dari jarangnya mengganti oli matic pada motor matic adalah penurunan performa mesin. Sebab, cairan oli sudah lama tidak efektif melumasi bagian-bagian mesin.

BACA JUGA:Nih 5 Harga Motor Matic dengan Tangki Besar Mulai Rp 20 Jutaan! Isi Sekali, Liburan Berkali-kali!

BACA JUGA:Biar Boncengan Makin Mesra, Ini Harga Motor Matic Nyaman yang Wajib Dibeli! Mulai Rp 8 Jutaan

Cairan oli lama biasanya berwarna hitam, terlalu kental dan kotor. Oli semacam itu dapat menyebabkan mesin tidak bekerja dengan baik. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya ganti oli motor maticr anda tepat waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: