Jenis-Jenis Oli Motor Matic yang Harus Rutin Diganti

Jenis-Jenis Oli Motor Matic yang Harus Rutin Diganti

Mengenai dua jenis oli sepeda motor matic yang harus diganti ketika sudah lama dipakai dan tidak lagi maksimal dalam bekerja. -Fahma Ardiana-

Kemudian oli mesin bertugas sesuai dengan fungsinya untuk menjaga keamanan dan kenyamanan berkendara.

Oleh sebab itu, karena fungsinya yang cukup vital pada sepeda motor matic, maka penting untuk selalu memperhatikan kualitas oli mesin. 

Di antaranya dengan memilihkan oli yang asli sesuai dengan karakter sepeda motor matic Anda, dan menggantinya secara berkala untuk memastikan oli masih bekerja dengan optimal.

Mudahnya, Anda bisa melakukan penggantian oli setelah mencapai batas jarak pemakaian sepeda motor matic Anjurannya, pada jarak tempuh antara 3.000 – 5.000 km sebaiknya oli segera diganti dengan yang baru.

BACA JUGA:Waspadai! Tanda-tanda Komstir Motor Matic Harus Diganti, Menjaga Keselamatan dan Kenyamanan Berkendara

BACA JUGA:Menakjubkan! Teknologi Canggih pada Motor Matic Freego 125, Kunci Kenyamanan dan Keamanan Berkendara

 

Bisa juga berpatokan pada waktu, yakni idealnya oli diganti setiap 4 - 6 bulan sekali. Hal ini disebabkan karena saat telat mengganti oli mesin bisa berakibat fatal pada mesin sepeda motor matic. 

Oli mesin sepeda motor matic yang tetap dipaksanakan untuk digunakan meskipun sudah mencapai batas jarak tempuh, maka kemampuan pelumasannya akan berkurang.

lhasil, gesekan yang terjadi di antara komponen mesin menjadi lebih keras yang bisa berisiko menyebabkan keausan pada mesin sepeda motor matic.

2. Oli Gardan atau Gear Oli

Sama seperti namanya, oli gardan bertugas menjadi pelumas yang khusus pada bagian gardan, untuk menjaga performa transmisi motor matic. Pengguna motor matic juga wajib mengganti oli gardan secara berkala.

BACA JUGA:Ramai di Sosmed, Inilah Fungsi Tuas Kecil di Handle Rem Motor Matic Honda Beat yang Jarang Diketahui

BACA JUGA:Bingung Beli Jenis BBM untuk Motor Matic Yamaha? Ini Rekomendasi yang Tepat Sesuai Spesifikasi

Sama seperti sebelumnya, jika oli mesin bisa diganti dengan berpatokan pada batas jarak tempuh ataupun waktu pemakaian motor matic. Oli gardan juga bisa berpatokan pada jarak tempuh dan waktu pemakaian untuk menggantinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: