Libur Panjang Maulid Nabi, Stasiun Purwokerto Alami Lonjakan Penumpang Kereta Api

Libur Panjang Maulid Nabi, Stasiun Purwokerto Alami Lonjakan Penumpang Kereta Api

Suasana keramaian Stasiun Purwokerto saat akhir pekan lalu, Minggu (8/9/2024).-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Libur panjang akhir pekan dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW segera tiba. Untuk mengantisipasi tingginya minat masyarakat yang ingin berlibur atau beribadah, KAI Daop 5 PURWOKERTO menambah formasi kereta pada beberapa perjalanan KA dari wilayah tersebut.

Manager Humas Daop 5 Purwokerto, Feni Novida Saragih, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (13/9/2024) menyebutkan, hingga saat ini tercatat sekitar 33.000 penumpang akan berangkat dari stasiun-stasiun di wilayah Daop 5 Purwokerto selama periode 13-17 September 2024.

"Jumlah ini diperkirakan terus bertambah karena penjualan tiket masih berlangsung hingga mendekati keberangkatan. Selain itu, jumlah penumpang yang tiba di wilayah Daop 5 Purwokerto pada periode yang sama tercatat sebanyak 33.200 orang," ungkapnya.

Adapun tiga stasiun dengan volume penumpang terbesar selama periode libur panjang ini adalah Stasiun Purwokerto dengan 11.798 penumpang, Stasiun Kutoarjo dengan 5.446 penumpang, dan Stasiun Kroya dengan 3.542 penumpang.

BACA JUGA:Tim Pengabdian pada Masyarakat Unsoed Berikan Pendampingan Pelari di Jawa Tengah

Dalam upaya mengakomodasi lonjakan penumpang, KAI Daop 5 Purwokerto menambah rangkaian kereta pada beberapa KA. Di antaranya adalah KA Sawunggalih yang melayani rute Kutoarjo - Pasar Senen. 

"Pada 13-15 September 2024, KA tersebut menambah satu kereta ekonomi premium dengan kapasitas 80 tempat duduk, dan pada 16-17 September 2024, dua kereta ekonomi premium dengan total kapasitas 160 tempat duduk," jelas Feni

Selain itu, KA Sawunggalih pada jadwal keberangkatan malam juga mendapat tambahan satu kereta ekonomi premium dengan kapasitas 80 tempat duduk untuk periode 13-17 September 2024. 

"Sementara, untuk KA Purwojaya yang melayani rute Cilacap - Gambir juga menambah satu kereta eksekutif dengan kapasitas 50 tempat duduk selama periode yang sama," imbuh Feni.

BACA JUGA:Ular Cincin Emas Jatuh dari Atap Rumah Bikin Panik Warga Tritih Wetan, Damkar Cilacap Turun Tangan

Feni mengatakan, penambahan tempat duduk ini untuk mengakomodasi antusiasme masyarakat dalam merencanakan libur panjang akhir pekan Maulid Nabi SAW.

"Kami mengimbau masyarakat yang akan bepergian ke Jakarta atau kota besar lainnya dari area Daop 5 Purwokerto agar segera memanfaatkan kesempatan ini," himbaunya. (dms)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: