Nenek 59 Tahun Tercebur Sumur Sedalam 12 Meter di Banjarnegara

Nenek 59 Tahun Tercebur Sumur Sedalam 12 Meter di Banjarnegara

Evakuasi nenek yang tercebur ke sumur di Desa Purwonegoro, Kecamatan Purwanegara, Banjarnegara, Selasa (3/9/2024).-DAMKAR BANJARNEGARA UNTUK RADARMAS-

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.CO.ID – Seorang nenek berusia 59 tahun dengan inisial S, berhasil selamat setelah terjatuh ke dalam sumur sedalam 12 meter di Desa Purwonegoro, Kecamatan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara. Peristiwa ini terjadi pada Selasa (3/9/2024) dan mengejutkan warga setempat yang segera berupaya melakukan pertolongan.

Menurut keterangan Sekretaris Satpol PP Banjarnegara Akhmad Qudasi, kejadian bermula saat S berjalan menuju sumur di belakang rumahnya.

Warga yang melihat S mendekati sumur sempat menyaksikan korban membuka penutup asbes dan selang yang melindungi sumur tersebut.

"Saat itu, seorang tetangga melihat korban berjalan ke arah sumur dan mulai membuka penutupnya. Tidak lama setelah itu, terdengar suara sesuatu jatuh ke dalam air," ujar Akhmad, Rabu (4/9/2024).

BACA JUGA:Bawaslu Banjarnegara Luncurkan Peta Kerawanan Pilkada 2024 untuk Tingkatkan Kesiapsiagaan

BACA JUGA:Hanya Dua Paslon yang Maju, 16 Parpol Nyatakan Sikap di Pilkada Banjarnegara 2024

Ketika warga mendekati lokasi, mereka mendapati S telah berada di dasar sumur yang memiliki kedalaman sekitar 12 meter. Panik, warga segera meminta bantuan untuk melakukan evakuasi.

Tim penyelamat dari Satpol PP Banjarnegara tiba di lokasi setelah menerima laporan dari warga. Namun, proses penyelamatan tidak berjalan mulus karena keterbatasan alat yang dimiliki oleh tim penyelamat.

"Kami sempat terkendala karena kurangnya peralatan khusus untuk vertikal rescue. Untuk itu, kami terpaksa harus menunggu kedatangan alat dari Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC)," jelas Akhmad.

Setelah peralatan yang diperlukan tiba, proses evakuasi akhirnya bisa dilakukan. Tim penyelamat membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mengangkat S dari dalam sumur.

"Beruntung, meski mengalami luka di punggung, kepala, dan kaki, korban berhasil dievakuasi dengan selamat," tambah Akhmad.

Setelah berhasil diselamatkan, S langsung dilarikan ke rumah sakit PKU Muhammadiyah Purwanegara untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Insiden ini menjadi pengingat bagi warga akan pentingnya menjaga keselamatan di sekitar sumur, terutama untuk mencegah kejadian serupa di masa mendatang. (jud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: