Dosen Amikom Beri Pelatihan Literasi Digital Guru SDN 1 Toyareka

Dosen Amikom Beri Pelatihan Literasi Digital Guru SDN 1 Toyareka

Amikom Purwokerto untuk Radarmas-Salam Literasi. Foto bersama guru SDN 1 Toyareka dengan Tim Dosen Universitas Amikom usai pelatihan peningkatan literasi digital pada 10 Agustus 2024.-AMIKOM UNTUK RADAR BANYUMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Tim Dosen Universitas Amikom Purwokerto pada Sabtu (10/8) memberi pelatihan peningkatan literasi digital bagi para guru SDN 1 Toyareka sebagai bagian dari upaya mendukung implementasi Kurikulum Merdeka.

Menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh Universitas Amikom Purwokerto, bertindak selaku ketua pelaksana pelatihan ialah Dinar Mustofa, M.Kom. Adapun dua narasumber yang kompeten di bidangnya dihadirkan yaitu Dhanar Intan Surya Saputra, M.Kom., dan Agus Pramono, M.T.

Keduanya memberi materi yang relevan dengan kebutuhan literasi digital seperti penggunaan Kecerdasan Buatan (AI) dalam konteks pendidikan utamanya dalam mendukung pembelajaran di kelas yang berbasis Kurikulum Merdeka.

Dalam pelatihan ini, para guru SDN 1 Toyareka dibekali dengan keterampilan digital yang memudahkan mereka dalam menyusun dan menyampaikan materi pembelajaran yang inovatif dan interaktif sesuai dengan tuntutan Kurikulum Merdeka.

BACA JUGA:Seluruh Wilayah Kabupaten Purbalingga Berisiko Terjadi Bencana

Pelatihan ini merupakan langkah awal dari serangkaian kegiatan yang dilanjutkan dengan pendampingan, monitoring dan evaluasi. Selain itu juga ada kegiatan pembangunan infrastruktur jaringan internet menggunakan fiber optic di lingkungan SDN 1 Toyareka untuk memastikan penerapan kecerdasan buatan pada literasi digital di sekolah tersebut berjalan efektif dan berkelanjutan.

Ketua pelaksana kegiatan, Dinar Mustofa, M.Kom., menghaturkan rasa terima kasihnya kepada DRTPM – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia atas dukungan dan bantuan pendanaan sehingga pelatihan di SDN 1 Toyareka sukses berjalan dengan baik. Tak lupa dia juga berterima kasih kepada LPPM Universitas Amikom Purwokerto atas support yang diberikan pada tim.

"Melalui serangkaian pelatihan kali ini kami harap dapat memberi dampak positif bagi para guru dalam mengoptimalkan penggunaan teknologi digital dalam proses pembelajaran sehingga menciptakan pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan efektif bagi peserta didik di era digital seperti saat ini," katanya.

BACA JUGA:Pemkab Minta Masyarakat Waspada Ancaman Megatrust di Purbalingga

Kepala SDN 1 Toyareka, Edi Purwantoro, S.Pd.SD. mengapresiasi peningkatan literasi digital bagi para gurunya yang telah dilaksanakan oleh Tim Dosen Universitas Amikom Purwokerto. Dengan suksesnya penyelanggaraan serangkaian pelatihan, membuktikan jalinan kerjasama yang baik antara SDN 1 Toyareka dengan Kampus Universitas Amikom Purwokerto. (yda/ads)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: