Hingga Agustus 2024, Terjadi 79 Kejadian Kebakaran di Cilacap dengan Total Kerugian Capai Rp 11 Miliar

Hingga Agustus 2024, Terjadi 79 Kejadian Kebakaran di Cilacap dengan Total Kerugian Capai Rp 11 Miliar

Petugas Damkar saat menangani kejadian kebakaran di Kecamatan Kawunganten.-DAMKAR CILACAP UNTUK RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.CO.ID - Angka kejadian kebakaran yang terjadi di wilayah Kabupaten Cilacap, hingga bulan Agustus 2024 mencapai 79 kejadian.

Dari angka kejadian tersebut, 39 kejadian melanda pemukiman, 23 kejadian terhadap tempat usaha, 9 kasus terjadi pada lahan sisa nya 8 kejadian pada kendaraan.

"Hingga bulan Agustus kemarin, total telah terjadi 79 kejadian kebakaran," kata Kepala Bidang Damkar Dinas Satpol PP Cilacap Supriyadi, Selasa (3/9/2024).

Sedangkan untuk penyebabnya, 35 kasus karena korsleting listrik, 12 kasus karena tungku kayu atau elpiji, puntung rokok/korek api 5 kejadian dan sisanya 27 kasus akibat human error.

BACA JUGA:Desa Karangbenda Mulai Terdampak Kekeringan, Total BPBD Salurkan 730 Ribu Liter Air Bersih

BACA JUGA:Angka Kemiskinan Menurun, Pemkab Cilacap Lakukan Sejumlah Upaya

"Penyebab masih didominasi karena korsleting listrik, sisanya akibat kelalain manusianya sendiri," lanjutnya.

Selain penanganan kebakaran, Damkar Cilacap telah melakukan penanganan kejadian non kebakaran seperti operasi tangkap ular, tawon atau hewan liar lainnya sebanyak 236 kejadian.

"Untuk penanganan kejadian di luar kebakaran, Damkar Cilacap telah menangani hingga bulan Agustus sebanyak 236 kejadian," tandasnya.

Dari kejadian-kejadian tersebut mengakibatkan kerugian material sekitar Rp 11,8 miliar, dengan korban meninggal dunia 2 orang, korban luka-luka 2 orang.

"Untuk menekan kejadian kebakaran kita sudah mengupayakan sosialisasi kepada masyarakat, kemudian kita juga sosialisasikan aplikasi Satkartaru SIAP untuk pelaporan," pungkas Supriyadi. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: