Pemkab Purbalingga Terapkan ILP, Layanan Poli di Puskesmas Diganti Klaster

Pemkab Purbalingga Terapkan ILP, Layanan Poli di Puskesmas Diganti Klaster

Sekda Purbalingga, Herni Sulasti saat rapat koordinasi membahas ILP, Kamis 29 Agustus 2024.-Dinkominfo Kabupaten Purbalingga untuk Radarmas-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.CO.ID – Seluruh layanan di Puskesmas Kabupaten Purbalingga akan mengalami perubahan dari sistem poli menjadi klaster. Perubahan ini akan dilakukan secara bertahap, dengan target penerapan penuh tahun depan melalui program Integrasi Layanan Primer (ILP).

Dalam rapat koordinasi pada Kamis, 29 Agustus 2024, Sekda Herni Sulasti menjelaskan bahwa ILP dirancang untuk menyediakan layanan kesehatan yang berkesinambungan mulai dari Puskesmas hingga Posyandu, sesuai dengan kebutuhan dan siklus hidup masyarakat.

"Pemerintah memiliki kewajiban untuk menyediakan layanan kesehatan yang merata. Salah satu transformasi yang penting adalah pelayanan kesehatan primer yang berfokus pada pencegahan penyakit sejak dini," ujar Herni.

Sekda juga menekankan pentingnya peningkatan sarana dan prasarana, biaya, serta tenaga medis di Puskesmas, Puskesmas Pembantu, Poliklinik Kesehatan Desa (PKD), dan Posyandu. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk rutin memeriksa kesehatan.

BACA JUGA:Dari 22 Puskesmas, Lebih Dari 50 Persen Capai Angka Stunting di Bawah 10 Persen

BACA JUGA:10 Puskesmas Capai Prevalensi Stunting di Bawah 10 Persen

Kepala Puskesmas Padamara, Anita Valiane Utami, menjelaskan bahwa implementasi ILP di Puskesmas Padamara mencakup perubahan struktur layanan dari berbasis poli menjadi klaster. 

"Klaster 1 akan menangani manajemen, klaster 2 untuk ibu dan anak, klaster 3 untuk dewasa, serta klaster 4 untuk penanggulangan penyakit dan layanan lintas klaster seperti rawat inap dan IGD," jelas Anita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: