Kawah Sikidang Jadi Obyek Wisata Terfavorit Dalam Agustus 2024

Kawah Sikidang Jadi Obyek Wisata Terfavorit Dalam Agustus 2024

Suasana Obyek Wisata Kawah Sikidang yang berada di dataran tinggi Dieng. -Dok Disparbud Banjarnegara-

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.CO.ID - Kawah Sikidang merupakan lapangan perkawahan di Dataran Tinggi Dieng yang paling dekat dengan kawasan percandian Dieng.

Kawah tersebut merupakan kawah vulkanik aktif yang mudah diakses dan dinikmati, serta terletak di tanah datar. Menjadikan kawah tersebut menjadi obyek wisata yang paling banyak dikunjungi, dari sekian banyaknya destinasi wisata Dieng Banjarnegara.

Kawah Sikidang sendiri terletak di Desa Dieng Kulon Kecamatan Batur, Banjarnegara. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara Tursiman, melalui Kepala UPT Wisata Dieng Sri Utami mengatakan, Kawah Sikidang merupakan salah satu ikon Dataran Tinggi Dieng wilayah Kabupaten Banjarnegara.

BACA JUGA:Amalia Desiana-Wakhid Jumali Resmi Daftar ke KPU Banjarnegara dengan Menaiki Becak

BACA JUGA:Pemkab Banjarnegara Bangun Rest Area dan Pusat Kuliner Khas Dieng di Kecamatan Batur

Walaupun sempat dilakukan penutupan selama 10 hari (12 Agustus - 21 Agustus 2024), karena proses penataan kawasan. Namun, setelah dibuka kembali, wisawatan juga langsung ramai.

"Jumlah wisatawan di Dieng Banjarnegara paling banyak kawah Sikidang dengan jumlah pengunjung 32.530 orang. Sedangkan pengunjung di candi Arjuna 22.575 orang, Telaga Merdada 102 orang, Sumur Jalatunda 425 orang, Kawah Candradimuka 124 orang dan Museum Kailasa 252 orang," katanya, Kamis (28/8/2024).

Menurut Sri Utami, jumlah wisatawan merupakan pencapaian luar biasa dan menunjukkan tingginya minat masyarakat terhadap keindahan alam Dieng, khususnya Kawah Sikidang. 

"Hal ini tentunya mendorong Disparbud Banjarnegara untuk terus meningkatkan fasilitas dan layanan di Kawah Sikidang agar pengunjung semakin nyaman termasuk juga obyek wisata Dieng lainnya," ujarnya. (jud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: