150 Titik Penerangan Jalan Umum Dipasang Hingga Akhir Tahun

150 Titik Penerangan Jalan Umum Dipasang Hingga Akhir Tahun

Di APBD perubahan tahun ini untuk Jembatan Joko Kaiman ruas arah Pegalongan bakal dipasang sepuluh titik penerangan jalan umum.-YUDHA IMAN PRIMADI/RADARMAS-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebanyak 150 titik penerangan jalan umum seKabupaten Banyumas dipasang hingga akhir tahun ini oleh Pemda.

Kepala Bidang Prasarana Dinas Perhubungan Banyumas, Agus Susanto, ST mengatakan di APBD perubahan tahun ini pihaknya mendapat pembiayaan untuk pemasangan 150 titik penerangan jalan umum. Untuk di dalam kota salah satu rencana pemasangan di jalan akses Gedung DPRD Banyumas yang baru di Kawasan Menara Teratai. Sementara di luar kota diantaranya di Jembatan Joko Kaiman Patikraja ruas ke arah Pegalongan.

"Di gedung dewan yang baru sekitar enam titik. Di Jembatan Joko Kaiman 10 titik," katanya.

BACA JUGA:Kebut-Kebutan di Jalan Bung Karno Hingga Dini Hari, Warga Tanjung Elok: Brisik Banget!

Agus menjelaskan jumlah anggaran untuk pemasangan PJU di Kabupaten Banyumas pada APBD perubahan sebesar Rp 2 milyar. Nominal tersebut tidak hanya dari anggaran dinas tetapi juga sudah termasuk dari pokok pikiran dewan. Ke-150 titik penerangan jalan umum tersebut targetnya semua selesai tahun ini.

"Ada juga pembelian sparepart Area Traffic Control System (ATCS) yang rusak. Kalau penambahan ATCS belum ada," terang dia.

Dilanjutkannya sumber pembiayaan penerangan jalan umum salah satunya ditopang oleh pajak penerangan jalan yang dibayar masyarakat. Pajak penerangan jalan merupakan pajak yang dipungut atas penggunaan tenaga listrik baik yang dihasilkan sendiri maupun diperoleh dari sumber lain dengan wajib pajak orang pribadi atau badan yang menggunakan tenaga listrik.

BACA JUGA:BPIP Pastikan Paskibraka 2024 Tampil Prima di IKN Nusantara

"Untuk pajak daerah dibawah kewenangan Bapenda. Termasuk pajak penerangan jalan," pungkas Agus. (yda)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: