Kecamatan Binangun, Cilacap Dikukuhkan Menjadi Kecamatan Percontohan Bebas Penyakit TBC

Kecamatan Binangun, Cilacap Dikukuhkan Menjadi Kecamatan Percontohan Bebas Penyakit TBC

Pj Bupati Cilacap beserta jajaran dan lembaga terkait tanda tangani komitmen bersama penanganan TBC.-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kecamatan Binangun Kabupaten CILACAP dikukuhkan menjadi kecamatan percontohan bebas penyakit Tuberculosis (TBC). Pengukuhan tersebut menjadi yang pertama kali baik di tingkat Provinsi Jawa Tengah bahkan hingga tingkat nasional.

"Secara nasional baru Kecamatan Binangun dalam penangan wilayah dan dinyatakan bebas penyakit TBC," kata Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri, Jumat (9/8/2024).

Hal itu menurut Pj Bupati, dapat ditiru pada 23 kecamatan lainnya yang berada di Kabupaten Cilacap sehingga akan menambah nilai positif di sektor kesehatan.

"Semoga dapat di getok tularkan untuk 23 Kecamatan lainnya dan akan menambah nilai kesehatan bagi Kabupaten Cilacap," tandasnya.

BACA JUGA:Pasar Kroya Segera Dibangun, Pedagang Minta Gratis Menempati Kios

BACA JUGA:Pengurus DPC PKB Kabupaten Cilacap Laporkan Mantan Sekjen DPP PKB Lukman Edy

Sementara itu Deputi Chief of Party (COP) USAID Bebas TB, Prima Setiawan yang turut hadir mengatakan penetapan Kecamatan Bebas Tuberkulosis menunjukkan kolaborasi lintas sektor, serta mengintegrasikan pengendalian TBC dengan agenda pembangunan daerah dan kesehatan.

"Kami mengapresiasi kolaborasi serta komitmen yang tinggi dari Pemerintah, Kecamatan Binangun, puskesmas dan desa di sini dalam penanggulangan TBC, yang bisa menjadi contoh untuk diadopsi kecamatan lainnya," katanya.

Senada dengan hal itu, Camat Binangun Agus Wantoso mengatakan, Kecamatan Binangun menjadi Kecamatan satu - satunya yang dikukuhkan menjadi kecamatan bebas TBC.

"Saya secara pribadi berterimakasih kepada semua unsur yang telah mewujudkan kecamatan Binangun menjadi kecamatan percontohan bebas TBC," katanya.

Menurutnya, Kecamatan Binangun telah melewati berbagai tahapan serta langkah-langkah untuk mewujudkan menjadi kecamatan bebas TBC.

"Kita kolaborasikan penanganan TBC dengan penanganan stunting, jadi saya ucapkan banyak terimakasih kepada semua unsur yang terlibat, semoga hal ini dapat ditiru oleh kecamatan-kecamatan lainnya," tutupnya. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: