Jenis dan Penyebab Suara Aneh pada Motor Matic yang Harus Diwaspadai

Jenis dan Penyebab Suara Aneh pada Motor Matic yang Harus Diwaspadai

Berbagai jenis-jenis suara aneh yang ditimbulkan oleh sepeda motor matic serta penyebab yang harus Anda waspadai.-Fahma Ardiana-

Cara mengatasi bunyi dengkur pada sepeda motor matic ini adalah dengan mengganti roller, belt conveyor atau slider plastik yang rusak dan mengatur gas dengan lebih lancar dan stabil.

2. Suara Kletek

Bunyi ini seperti bunyi besi berdentang atau dipukul. Bunyi tersebut bisa disebabkan oleh berbagai hal, antara lain pada link piston, piston, pin piston, bantalan piston, atau lapisan kopling sepeda motor matic yang bermasalah.

BACA JUGA:Menarik Nih! 7 Fitur Canggih pada Motor Matic QJMotor LTM 125, yang Ramaikan Pasar Eropa

BACA JUGA:Harus Tahu! Fakta Menarik Mengenai Motor Matic Yamaha X-Ride 2024

Hal ini dapat disebabkan oleh kurangnya pelumasan, konsumsi bahan bakar yang berlebihan, atau komponen mesin sepeda motor matic yang aus.

Cara menghindari bunyi kletek tersebut adalah dengan melakukan perawatan mesin secara berkala, mengganti oli secara berkala, dan mengganti bagian-bagian mesin yang aus atau rusak.

3. Suara Detak Pelan

Bunyi ini seperti bunyi detak jam atau jam dinding. Kebisingan ini disebabkan adanya masalah katup motor matic menjadi kendor sehingga menyebabkan katup piano (rocker arm) membentur kepala katup.

BACA JUGA:Waspada! Penyebab Utama Aki Motor Matic Menjadi Tekor

BACA JUGA:Tips Meningkatkan Efisiensi BBM pada Motor Matic

Hal ini mungkin disebabkan oleh pengaturan katup yang salah, komponen katup yang aus, atau pelumasan yang tidak tepat pada sepeda motor matic.

Cara menghindari bunyi tik atau tik kecil ini adalah dengan menyetel kembali klep sesuai spesifikasi pabrik, mengganti komponen klep yang aus, dan memastikan pelumasan mesin cukup dan konsisten.

4. Suara Menggelitik

Bunyinya seperti gesekan rantai besi yang bisa disebabkan oleh rantai timing sepeda motor matic yang kendor atau ketena.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: