Komponen yang Harus Diperiksa Jika Motor Matic Terendam Banjir

Komponen yang Harus Diperiksa Jika Motor Matic Terendam Banjir

Beberapa komponen yang harus diperiksa jika sepeda motor matic habis terendam banjir yang harus Anda ketahui.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Hujan deras biasanya menyebabkan genangan air dan banjir di jalan raya. Namun, sejumlah pengendara sepeda motor matic terpaksa melewati genangan air.

Hal ini dapat mengakibatkan suku cadang mesin sepeda motor matic terendam air dan mengakibatkan kerusakan serius. Salah satu risiko terbesarnya adalah masuknya air ke dalam ruang bakar mesin sepeda motor matic.

Water hammer terjadi karena banyaknya air yang masuk pada saat kompresi tidak dapat dikurangi dan batang piston bengkok pada saat kompresi. Stang piston berhenti bergerak dan menyebabkan sepeda motor matic mogok. 

Hal ini bisa terjadi jika sepeda motor matic dikendarai pada ketinggian melewati air yang mencapai filter udara sepeda motor matic. Sebaiknya pantau ketinggian air sebelum banjir terjadi. 

BACA JUGA:Seberapa Penting Melakukan Cek Servis Sebelum Membeli Motor Matic Second dengan Harga Murah? Yuk Simak!

BACA JUGA:Mengulas Keunggulan dan Kekurangan Motor Matic Honda X-ADV 750cc yang Dikenal Sebagai Big Scooter

Beberapa pedoman dapat digunakan untuk ketinggian genangan air. Misalnya dengan menggunakan trotoar atau ban sepeda motor matic. Jika dikira genangan air bisa sampai ke saringan udara, ada baiknya urungkan niat menerobos.

Namun, jika menurut Anda ketinggian air tidak tinggi, lewati genangan air dengan kecepatan sedang. Harap berhati-hati terhadap gelombang air yang disebabkan oleh kendaraan lain.

Oleh karena itu, meskipun kamu berhasil melewati genangan air, jangan langsung pergi. Ada beberapa komponen sepeda motor matic yang perlu Anda periksa.

1. Pastikan tidak ada air pada oli mesin

Jika ada air pada oli mesin pastikan tidak ada air pada oli mesin dapat diidentifikasi berdasarkan warna. Ya, oli mesin sepeda motor matic berubah warna menjadi putih susu jika dicampur air.

BACA JUGA:Kelebihan Motor Matic Suzuki Nex Crossover Dibandingkan dengan Yamaha X-Ride dan Honda Beat Street

BACA JUGA:Punya Bodi Ramping Namun Kurang Disukai, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Motor Matic Yamaha Aerox 125 LC

Dalam hal ini, hindari menghidupkan mesin sepeda motor matic karena komponen internal mesin akan kehilangan pelumasan. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah menguras oli mesin dan mengganti filter oli sepeda motor matic.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: