Pj Bupati Banjarnegara Serahkan Bantuan Keuangan Parpol

Pj Bupati Banjarnegara Serahkan Bantuan Keuangan Parpol

Inisiatif Pj Bupati Banjarnegara dalam mendukung parpol secara keuangan.-PUJUD/RADARMAS-

BANJARNEGARA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Pemkab Banjarnegara menyerahkan bantuan keuangan kepada partai politik yang memperoleh kursi legislatif DPRD di Kabupaten Banjarnegara periode 2024-2029.

Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Pj Bupati Banjarnegara, Muhamad Masrofi, kepada ketua atau perwakilan partai politik di rumah dinas bupati.

Kepala Bakesbangpol Banjarnegara, Izak Danial Aloys menyatakan, total anggaran yang disalurkan kepada 10 partai politik adalah sebesar Rp 1.646.796.750.

“Dana bantuan keuangan ini berasal dari APBD dan akan disalurkan dalam dua tahap,” jelas Izak dalam laporannya, Senin (15/7/2024).

BACA JUGA:Warga Terdampak Kemarau di Cilacap Bertambah, BPBD Kembali Salurkan Air Bersih di Desa Karangkemiri

BACA JUGA:Bahan Pangan Berbahaya Masih Ditemukan di Pasar Tradisional di Cilacap, Petugas Pasar Diminta Ikut Terlibat

Pj Bupati Masrofi dalam sambutannya, menyampaikan bahwa bantuan keuangan untuk parpol ini didasarkan pada kebijakan kepala daerah, dengan menyesuaikan APBD tahun anggaran 2024.

Bantuan ini bertujuan untuk mendukung kegiatan parpol dan meningkatkan iklim demokrasi di Banjarnegara, termasuk meningkatkan angka partisipasi pemilih serta indeks demokrasi.

“Yang utama, diharapkan semua partai politik bisa meningkatkan iklim demokrasi yang baik sehingga tercipta demokrasi yang kondusif dan menghindari tensi politik yang panas,” kata Masrofi.

Masrofi juga meminta agar partai politik turut menjaga nilai-nilai demokrasi dengan baik, sehingga pelaksanaan Pilkada 2024 dapat berjalan dengan lancar.

Ia mengakui bahwa bantuan keuangan bagi parpol dari APBD mungkin masih kurang untuk sepenuhnya membiayai operasional dan menggerakkan sumber daya partai.

Namun, Pemkab Banjarnegara telah berusaha maksimal untuk meningkatkan besaran bantuan keuangan partai politik.

“Patut kita syukuri, di tengah kondisi keuangan yang terbatas, kita dapat mengalokasikan kenaikan nilai banparpol pada tahun 2021 lalu, sejajar dengan kabupaten lain,” tambahnya.

Masrofi juga menekankan pentingnya penggunaan bantuan keuangan partai politik dengan baik, memprioritaskan anggaran untuk kegiatan pendidikan politik bagi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: