Keren Banget! 7 Kelebihan Transmisi Baru Motor Matic Yamaha Bernama Y-AMT

Keren Banget! 7 Kelebihan Transmisi Baru Motor Matic Yamaha Bernama Y-AMT

Keren Banget! 7 Kelebihan Transmisi Baru Motor Matic Yamaha Bernama Y-AMT-google-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Kelebihan transmisi baru motor matic Yamaha bernama Y-AMT, merupakan angin segar bagi para pengendara yang menginginkan pengalaman berkendara yang mudah, nyaman, dan hemat bahan bakar.

Dunia otomotif khususnya pecinta skuter matic tengah diramaikan dengan kehadiran teknologi terbaru dari Yamaha, yaitu Yamaha Automated Manual Transmission (Y-AMT). Y-AMT menawarkan pengalaman berkendara yang berbeda dari motor matic konvensional.

Teknologi ini memadukan kenyamanan berkendara matic, dengan sensasi perpindahan gigi layaknya motor sport. Namun tanpa perlu repot mengoperasikan kopling.



Berikut ini akan mengupas lebih dalam, mengenai 7 kelebihan transmisi baru motor matic Yamaha bernama Y-AMT. Yang menjadikannya sebagai terobosan menarik dalam dunia skuter matic.  

1. Nikmati Pengendaraan yang Mudah dan Nyaman

Salah satu keunggulan utama Y-AMT, adalah kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan.  Berbeda dengan motor matic konvensional yang mengharuskan pengendara menarik tuas kopling saat perpindahan gigi, Y-AMT hadir dengan sistem perpindahan gigi otomatis.

BACA JUGA:Yuk Simak! 7 Alasan Memilih Motor Matic Suzuki Burgman Street 125EX

BACA JUGA:Yuk Cari Tau! 7 Alasan Memilih Motor Matic Callisto 110, Berdesain Futuristis dan Sporty

Hal ini berkat adanya aktuator elektronik yang bekerja secara otomatis mengoperasikan kopling.  Dengan begitu tangan kiri pengendara menjadi lebih bebas dan terhindar dari kelelahan, terutama saat berkendara di kondisi stop-and-go yang padat.

Keadaan ini tentu saja membuat perjalanan jauh menjadi lebih menyenangkan, karena tangan kiri tidak perlu terus-menerus menarik tuas kopling.

Bagi pengendara pemula Y-AMT juga menawarkan  kemudahan tersendiri, karena mereka tidak perlu khawatir akan salah oper gigi. Atau mengalami mesin mati akibat lupa menarik kopling.

2. Perpindahan Gigi Halus dan Presisi

Y-AMT  tidak hanya menawarkan kemudahan, tetapi juga menghadirkan perpindahan gigi yang halus dan presisi.  Sistem perpindahan gigi Y-AMT  dikendalikan oleh dua komponen penting, yaitu Engine Control Unit (ECU) dan aktuator elektronik.

BACA JUGA:Waspadai! 7 Akibat Motor Matic Jarang Servis Mesin

BACA JUGA:Yuk Kenali! 8 Faktor Penyebab Perpak Mesin Motor Matic Rembes, dan Solusinya

ECU berperan sebagai otak yang cerdas dalam menentukan waktu perpindahan gigi yang tepat.  ECU akan mempertimbangkan faktor-faktor seperti kecepatan motor, putaran mesin, dan beban mesin untuk menentukan kapan harus memindahkan gigi.

Sementara itu aktuator elektronik yang dikendalikan ECU, akan secara otomatis menjalankan instruksi perpindahan gigi dengan halus dan presisi.  Hal ini tentunya berbeda dengan perpindahan gigi manual konvensional, yang terkadang  mengalami hentakan yang kurang nyaman.

3. Hemat Bahan Bakar

Bagi pengendara yang mementingkan efisiensi bahan bakar, Y-AMT  dapat menjadi pilihan yang tepat.  Pada mode otomatis Y-AMT  memiliki kemampuan untuk memilih rasio gigi yang optimal, sesuai dengan kondisi jalan dan kebutuhan mesin.

ECU yang cerdas pada Y-AMT akan memerintahkan perpindahan gigi pada saat yang tepat, untuk mencapai efisiensi bahan bakar terbaik.

BACA JUGA:Wajib Tau! 7 Tanda Motor Matic Perlu Ganti Oli Mesin

BACA JUGA:Jadi Motor Matic Honda Terlaris, Inilah Perbandingan Honda Vario vs Honda Beat

Sebagai contoh pada jalanan lenggang dengan kecepatan konstan, ECU akan memerintahkan perpindahan ke gigi yang lebih tinggi. Untuk mengurangi putaran mesin dan konsumsi bahan bakar.

Sebaliknya pada tanjakan atau saat membutuhkan akselerasi ekstra, ECU  akan memerintahkan perpindahan ke gigi yang lebih rendah untuk menjaga torsi mesin yang optimal.  Dengan demikian, penggunaan bahan bakar dapat ditekan tanpa mengurangi performa berkendara.

4. Peningkatan Performa

Y-AMT  tidak hanya irit bahan bakar, tetapi juga berpotensi meningkatkan performa motor matic.  Hal ini berkat adanya mode D+ yang terdapat pada Y-AMT.

Mode D+  menawarkan perpindahan gigi yang lebih agresif dibandingkan mode D otomatis. Dengan mode D+,  ECU akan mengatur perpindahan gigi pada putaran mesin yang lebih tinggi.

BACA JUGA:Bahaya ! Inilah Alasan Tidak Boleh Bonceng 3 saat Mengendarai Motor Matic

BACA JUGA:Cara Membonceng Motor Matic yang Nyaman dan Aman

Sehingga tenaga yang dihasilkan mesin pun akan lebih optimal.  Mode D+ cocok digunakan ketika membutuhkan akselerasi ekstra, untuk menyalip kendaraan lain atau saat menghadapi jalanan menanjak.

5. Menambah Kesan Sporty

Bagi pengendara yang menginginkan pengalaman berkendara yang lebih sporty, Y-AMT  dapat menjadi jawabannya.  Y-AMT  menyuguhkan sensasi perpindahan gigi layaknya motor sport, namun  tanpa perlu repot mengoperasikan kopling.

Pengendara dapat merasakan sensasi perpindahan gigi secara manual menggunakan tombol "+" dan "-" yang terletak di setang sebelah kiri.

Tentunya sensasi perpindahan gigi ini akan memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan, dan menambah kesan sporty dibandingkan motor matic konvensional.

6. Cocok untuk Berbagai Pengendara

Y-AMT  merupakan teknologi yang ramah untuk berbagai pengendara. Baik pemula maupun pengendara berpengalaman, dapat menikmati kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan Y-AMT.  

BACA JUGA:Keren Abis! 7 Fitur Futuristis yang Bikin Motor Matic Yamaha Cygnus Gryphus 2025 Jadi Idaman

BACA JUGA:Yuk Intip! 7 Kecanggihan Motor Matic Lambretta G350 Pesaing Vespa GTS300, Perpaduan Klasik dan Modern

Pemula tidak perlu khawatir salah oper gigi atau mengalami mesin mati, sedangkan pengendara berpengalaman dapat menikmati sensasi perpindahan gigi layaknya motor sport.

7. Meminimalisir Kesalahan Pengendara

Sistem perpindahan gigi otomatis pada Y-AMT, membantu meminimalisir kesalahan yang  sering dilakukan oleh pengendara motor matic konvensional. Seperti salah oper gigi atau lupa menarik kopling.

Hal ini  tentu saja berdampak pada  keselamatan berkendara. Dengan Y-AMT, pengendara dapat fokus pada jalanan dan situasi sekitar tanpa perlu khawatir akan kesalahan oper gigi.

Transmisi Y-AMT  menawarkan berbagai keunggulan, yang menjadikannya pilihan menarik bagi para pengendara motor matic. Pengalaman berkendara yang lebih mudah, nyaman, hemat bahan bakar, performa yang lebih baik, dan kemudahan dalam pengoperasian menjadi daya tarik utama Y-AMT.

BACA JUGA:Intip! 7 Kecanggihan Motor Matic Yamaha X-Force 2025, Siap Menggebrak Jalanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: