Waspada! 7 Biang Kerok Kerusakan Kelistrikan Pada Motor Matic yang Sering Terjadi

Waspada! 7 Biang Kerok Kerusakan Kelistrikan Pada Motor Matic yang Sering Terjadi

Waspada! 7 Biang Kerok Kerusakan Kelistrikan Pada Motor Matic yang Sering Terjadi-google-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Biang kerok kerusakan kelistrikan pada motor matic yang sering terjadi, merupakan masalah yang kompleks dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari kelalaian pengguna, keausan komponen, hingga faktor eksternal seperti cuaca dan kondisi jalan.

motor matic mendominasi jalanan di Indonesia dengan kepraktisannya dalam berkendara, apalagi di tengah padatnya lalu lintas perkotaan menjadi daya tarik utama.

Namun di balik kemudahan tersebut, motor matic memiliki sistem kelistrikan yang lebih kompleks dibandingkan motor bebek.

sistem kelistrikan yang rumit ini membutuhkan perawatan ekstra. Tanpa perawatan yang baik, potensi kerusakan pun menjadi lebih besar. kerusakan kelistrikan pada motor matic tidak hanya merepotkan, tapi juga bisa membuat Anda ter stranded di perjalanan.

BACA JUGA:Yuk Simak! 7 Alasan Memilih Motor Matic Suzuki Burgman Street 125EX

BACA JUGA:Yuk Cari Tau! 7 Alasan Memilih Motor Matic Callisto 110, Berdesain Futuristis dan Sporty

Mari kita kenali 7 biang kerok kerusakan kelistrikan pada motor matic yang sering terjadi, beserta cara mencegahnya, yang dikutip dari berbagai sumber terpercaya:

1. Aki

Aki laksana jantung pada sistem kelistrikan motor matic. Aki yang sehat berfungsi menyuplai listrik ke seluruh komponen kelistrikan, mulai dari lampu, starter, hingga speedometer.



Aki yang tekor atau rusak akan mengganggu kinerja komponen tersebut. Indikasinya bisa berupa lampu redup, starter tidak berfungsi, hingga yang paling parah, motor mati total.

2. Kiprok atau Regulator

Kiprok atau regulator berperan sebagai jembatan antara aki dan komponen kelistrikan lainnya. Fungsinya vital, yaitu mengatur dan menstabilkan arus serta tegangan listrik yang dihasilkan mesin motor matic.

BACA JUGA:Waspadai! 7 Akibat Motor Matic Jarang Servis Mesin

BACA JUGA:Yuk Kenali! 8 Faktor Penyebab Perpak Mesin Motor Matic Rembes, dan Solusinya

Kiprok yang rusak dapat menyebabkan aki cepat tekor, karena arus yang dihasilkan kiprok terlalu besar.  Selain itu lampu-lampu bisa menjadi redup, atau bahkan komponen kelistrikan lainnya terbakar akibat ketidakstabilan tegangan listrik.

3. Sekring

Sekring bagaikan petugas keamanan pada sistem kelistrikan. Fungsinya memutus aliran listrik secara otomatis jika terjadi arus berlebih.

Arus berlebih dapat disebabkan oleh korsleting atau malfungsi pada suatu komponen, sekring yang putus tidak akan bisa mengalirkan listrik ke komponen yang diproteksi. Akibatnya, komponen tersebut tidak dapat berfungsi.

4. Spul

Spul adalah komponen yang menghasilkan listrik dari putaran mesin. Listrik yang dihasilkan spul ini kemudian dialirkan menuju kiprok untuk diatur dan selanjutnya mengisi aki.  

BACA JUGA:Bahaya ! Inilah Alasan Tidak Boleh Bonceng 3 saat Mengendarai Motor Matic

BACA JUGA:Cara Membonceng Motor Matic yang Nyaman dan Aman

Spul yang rusak akan membuat aki tidak terisi dengan baik. Gejalanya aki tekor lebih cepat dari biasanya dan lampu menjadi redup.

5. Bendik Starter

Bendix starter merupakan komponen yang menghubungkan aki ke starter motor. Saat Anda memencet tombol starter, bendik starter akan bergeser untuk menghubungkan aki dengan starter motor.  

Dengan tersambungnya arus listrik, maka starter motor akan berputar dan mesin motor matic pun hidup. Bendix starter yang rusak dapat menyebabkan suara starter kasar, atau starter tidak berfungsi sama sekali.

6. Switch Rem dan Lampu

Switch rem dan lampu, berfungsi sebagai penghubung antara setang kemudi dengan komponen rem dan lampu pada motor matic.

BACA JUGA:Tips Memboncengkan Anak yang Benar saat Mengendarai Motor Matic

BACA JUGA:Cara Aman Ngerem Mendadak saat Mengendarai Sepeda Motor Matic

Switch yang kotor atau rusak dapat menyebabkan lampu tidak menyala atau rem tidak berfungsi. Hal ini tentu membahayakan keselamatan Anda saat berkendara.

7. Kabel Kelistrikan

Kabel kelistrikan bagaikan jaringan saraf pada sistem kelistrikan motor matic. Kabel ini mengantarkan arus listrik dari satu komponen ke komponen lainnya.

Kabel yang longgar, putus, atau terkelupas dapat menyebabkan korsleting dan kerusakan komponen kelistrikan lainnya.

Dengan mengetahui biang kerok kerusakan kelistrikan pada motor matic dan tips pencegahannya. Anda dapat menjaga kondisi kelistrikan motor matic Anda, agar tetap prima dan terhindar dari kerusakan.

BACA JUGA:Yuk Intip! 7 Kecanggihan Motor Matic Lambretta G350 Pesaing Vespa GTS300, Perpaduan Klasik dan Modern

BACA JUGA:Keren Abis! 7 Fitur Futuristis yang Bikin Motor Matic Yamaha Cygnus Gryphus 2025 Jadi Idaman

Biang kerok kerusakan kelistrikan pada motor matic, memang beragam, mulai dari aki yang lemah, kipro yang rusak, hingga korsleting pada kabel. Rawatlah motor matic Anda dengan baik agar performa dan keamanannya tetap terjaga. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: