Kabupaten Cilacap Memiliki Kawasan Kota Lama, di Stasiun KAI Cilacap hingga Lapangan Disparpora

Kabupaten Cilacap Memiliki Kawasan Kota Lama, di Stasiun KAI Cilacap hingga Lapangan Disparpora

Masyarakat diajak melihat kawasan kota lama di Stasiun KAI Cilacap.-RAYKA/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Bukan hanya di Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap juga memiliki kawasan kota lama. Kawasan tersebut berada di Stasiun KAI Cilacap hingga Lapangan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Cilacap.

Adanya kawasan kota lama tersebut, membuat Pemerintah Kabupaten Cilacap berkomitmen untuk mengembangkan kawasan tersebut menjadi salah satu tujuan utama wisata heritage di Kabupaten Cilacap. 

Hal ini diungkapkan Pj Bupati Cilacap, Awaluddin Murri. Dikatakan, Stasiun KAI Cilacap dan Gedung Disparpora Cilacap merupakan salah satu bagian cagar budaya di Kabupaten Cilacap. 

"Harapannya ke depan di daerah ini, dari Stasiun KAI Cilacap hingga Disparpora Cilacap dijadikan kota tua yang menjadi ciri khas industri. Sehingga Cilacap punya spot tempat hiburan dan wisata heritage," kata Awaluddin.

BACA JUGA:Ular Cobra Besar Sembunyi di Atap Rumah dan Bikin Panik Warga Bantarmangu

BACA JUGA:Kabupaten Cilacap Menjadi Kabupaten Dengan Desa Terbanyak Terdampak Kekeringan di Jawa Tengah

Awaluddin mengatakan, sejumlah bangunan di daerah tersebut merupakan bangunan - bangunan lama dan memiliki nilai sejarah yang tinggi. 

"Semoga bisa terwujud, karena area sini dari stasiun sampai lapangan Disparpora akan kita jadikan kota tua atau kota lama untuk Cilacap bercahaya karena di area sini masih banyak bangunan-bangunan lama," katanya.

Sementara itu, upaya memperkenalkan kawasan kota tua Cilacap terus dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Cilacap yang bekerjasama dengan unsur pentahelix. Salah satunya, mengajak masyarakat Kabupaten Cilacap mengikuti kegiatan Mlampah Sareng di kawasan tersebut. 

Anggota Komunitas Mlampah Sareng, Firzatullah Ikhwani Fata mengatakan, di kawasan tersebut menyimpan banyak sejarah pada masa penjajahan. Salah satunya, Stasiun KAI Cilacap yang dibangun pada masa kolonial Belanda.

"Banyak bangunan peninggalan Belanda di kawasan ini. Tidak hanya Stasiun Cilacap, tapi ada juga SMP Pius Cilacap, SMP Negeri 1 Cilacap, rumah milik PT Antam, gereja tertua, kantor bus DAMRI, kantor Disparpora dan masih banyak lainya yang berada di kawasan kota lama Cilacap ini," katanya. (ray)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: