Wajib Tau! 7 Keuntungan Menggunakan Ban Tubeless pada Motor Matic

Wajib Tau! 7 Keuntungan Menggunakan Ban Tubeless pada Motor Matic

Wajib Tau! 7 Keuntungan Menggunakan Ban Tubeless pada Motor Matic-google-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Keuntungan menggunakan ban tubeless pada motor matic merupakan pilihan tepat, bagi pengendara yang menginginkan pengalaman berkendara yang aman, nyaman, hemat, dan ramah lingkungan.

ban tubeless semakin menjadi primadona di kalangan pengguna motor matic. Popularitasnya menanjak seiring dengan berbagai keuntungan yang ditawarkannya, dibandingkan ban dalam konvensional.

 

Para pabrikan motor matic pun kini menyematkan ban tubeless sebagai ban bawaan, untuk skuter mereka. Namun tahukah Anda apa saja keuntungan menggunakan ban tubeless pada motor matic? Simak ulasan berikut ini untuk tau lebih dalam.

1. Tahan Bocor Lebih Lama

Keunggulan utama ban tubeless terletak pada kemampuannya menahan kebocoran lebih lama, dibandingkan ban dalam. Ini tak lepas dari ketiadaan ban dalam pada ban tubeless.

BACA JUGA:Fungsi dan Cara Membersihkan Filter Udara yang Kotor pada Motor Matic

BACA JUGA:Tips Merawat Motor Matic Agar Selalu Prima dan Tahan Lama

Ban dalam sangat rentan mengalami kebocoran ketika tertusuk benda tajam seperti paku, kawat, atau pecahan kaca. Akibatnya tekanan udara berkurang drastis, dan menyebabkan ban kempis secara mendadak.

Ban tubeless memiliki lapisan sealant, yakni cairan perekat khusus yang melapisi bagian dalam ban. Ketika benda tajam menusuk ban tubeless, sealant akan secara otomatis menutup lubang tersebut, sehingga tekanan udara tidak langsung hilang.  

Pengendara motor pun masih memiliki waktu luang untuk mencari tempat tambal ban terdekat. Ban tubeless mampu menahan kebocoran hingga 2 kali lebih lama dibandingkan ban dalam.

2. Handling Lebih Mantap dan Stabilitas Terjaga

Ban tubeless memiliki konstruksi yang lebih kokoh dibandingkan ban dalam. Struktur yang kuat ini membuat ban tubeless lebih stabil saat motor melaju di jalan raya.  

BACA JUGA:Rekomendasi 2 Motor Matic Honda yang Mesinnya Paling Bandel

BACA JUGA:Terobosan Baru! 7 Teknologi Canggih pada Motor Matic Yamaha Augur 155

Peningkatan stabilitas ini berdampak langsung pada handling motor yang lebih baik.  Pengendara pun akan merasakan sensasi berkendara yang lebih nyaman dan tentunya aman, terutama saat bermanuver atau melibas jalanan bergelombang.

Ban tubeless memiliki keunggulan dari sisi telapak ban yang lebih lebar, dan tekstur yang lebih keras dibandingkan ban biasa.  

Kombinasi keduanya menghasilkan daya cengkeram yang lebih baik, terhadap permukaan jalan.  Alhasil, stabilitas motor matic terjaga optimal saat melakukan manuver atau berakselerasi.

3. Meminimalisir Risiko Kempis Mendadak

Ban tubeless memiliki risiko kempis mendadak yang jauh lebih rendah, dibandingkan ban dalam. Hal ini, sekali lagi, karena tidak adanya ban dalam yang rentan terhadap benda tajam.  

BACA JUGA:Pengendara Wajib Tau! 7 Alasan Penting Harus Rutin Ganti Oli Motor Matic

BACA JUGA:Ternyata Ini! Keunggulan pada Motor Matic Suzuki Swing Model 2025

Jika tertusuk benda tajam, sealant pada ban tubeless akan langsung menutup lubang, sehingga tekanan angin terjaga dan mencegah kempis mendadak.

Ban dalam, di sisi lain, sangat rentan mengalami kebocoran dan kempis saat tertusuk benda tajam. Keadaan ini dapat memicu bahaya bagi pengendara, terutama ketika memulai manuver atau sedang memacu motor dalam kecepatan tinggi.

4. Usia Pakai Lebih Panjang

Ban tubeless umumnya memiliki usia pakai yang lebih panjang dibandingkan ban dalam.  Ketahanan ini didapat karena ban tubeless lebih jarang mengalami kebocoran, dan tidak perlu ditambal sesering ban dalam.  

Selain itu, ban tubeless juga tidak mudah rusak akibat fluktuasi tekanan angin yang tidak stabil. Ban tubeless dapat bertahan hingga 2 kali lebih lama dibandingkan ban dalam.  

BACA JUGA:5 Faktor yang Membuat Honda Vario KZR 125 Masih Diincar Meskipun Motor Matic Keluaran Lama

BACA JUGA:Deretan Motor Matic Keyless yang Susah Dicolong Maling

Ini artinya Anda bisa lebih hemat dalam jangka panjang, karena mengurangi frekuensi penggantian ban. Usia pakai ban tubeless yang lebih panjang, juga berkontribusi pada pengurangan limbah ban bekas.

5. Proses Perbaikan yang Mudah dan Cepat

Proses perbaikan ban tubeless terbilang mudah dan cepat dibandingkan ban dalam. Ini karena teknisi tidak perlu mengeluarkan ban dalam untuk mencari dan menambal lubang.  

Cukup dengan mencabut benda tajam yang menusuk ban, kemudian memasukkan cairan sealant baru. Maka ban tubeless sudah bisa kembali digunakan.

Proses perbaikan ban dalam, sebaliknya lebih rumit dan memakan waktu. Ban dalam harus dikeluarkan dari ban luar dan ditambal secara manual, hal ini dapat membuat pengendara menunggu lama di bengkel.

6. Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar

Penggunaan ban tubeless dapat membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar motor matic. Hal ini dikarenakan ban tubeless memiliki hambatan udara yang lebih rendah, dibandingkan ban dalam.

BACA JUGA:Fungsi Velg pada Motor Matic

BACA JUGA:Hal-Hal yang Disukai dari Motor Matic Suzuki Burgman Street 125

Selain itu ban tubeless juga lebih stabil saat digunakan, sehingga konsumsi bahan bakar saat bermanuver menjadi lebih hemat.

Ban tubeless dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar motor matic hingga 5%. Peningkatan ini tentu saja akan menghemat pengeluaran Anda, untuk biaya bahan bakar dalam jangka panjang.

7. Ramah Lingkungan

Ban tubeless memiliki nilai ramah lingkungan yang lebih tinggi dibandingkan ban dalam. Hal ini karena ban tubeless tidak menggunakan ban dalam yang terbuat dari karet sintetis, karet sintetis diketahui dapat mencemari lingkungan saat diproduksi dan dibuang.

Selain itu ban tubeless juga lebih tahan lama, sehingga jumlah ban yang dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) dapat dikurangi. Hal ini tentu saja berkontribusi pada upaya pelestarian lingkungan.

BACA JUGA:Yuk Kenali Lebih Dalam! Komponen Canggih Transmisi Electric CVT Motor Matic Nmax Turbo

BACA JUGA:Menarik! 7 Kecanggihan Motor Matic All New Honda Beat Dibandingkan dengan Model Lama

Keuntungan menggunakan ban tubeless pada motor matic, menjadikannya pilihan yang tepat untuk motor matic Anda. Ban tubeless tidak hanya meningkatkan keamanan dan kenyamanan berkendara, tetapi juga membantu menghemat biaya dan menjaga kelestarian lingkungan. (akr)


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: