215 Kades Terima SK Perpanjangan, BPD Menyusul

215 Kades Terima SK Perpanjangan, BPD Menyusul

Dikukuhkan : Para kades yang dikukuhkan karena perpanjangan masa jabatan.-Prokompim Setda Purbalingga untuk Radarmas-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebanyak 215 Kepala Desa (Kades) dari 224 desa di Purbalingga menerima Surat Keputusan (SK) Perpanjangan Masa Jabatan dari Bupati, Jumat 21 Juni 2024 di Pendapa Dipokusumo. Sedangkan Pengurus Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bakal menyusul perpanjangan masa kepengurusan.

Ketua Asosiasi BPD Kabupaten Purbalingga, Dedi Priyantoro menjelaskan, dalam amanat Dasar UU Nomor 3 Tahun 2024 sudah diatur perpanjangan masa kepengurusan BPD. Namun saat ini masih dilakukan pembaruan data.

"Pembaruan data pengurus BPD dilakukan karena ada yang sudah meninggal dan tidak dalam anggota BPD lagi," katanya, Jumat 21 Juni 2024.

Hingga tahun 2024 sesuai data yang ada, ada sebanyak 1.538 orang pengurus BPD se Kabupaten Purbalingga. Namun belum diketahui hasil pendataan terbaru Dinpermasdes.

BACA JUGA:Bupati Tegaskan SK Perpanjangan Masa Jabatan Kades Lebih Cepat Terbit

BACA JUGA:Bupati Tiwi: Kades Harus Andil Tuntaskan Kemiskinan Ekstrem di Purbalingga

Sementara itu saat pengukuhan 215 kades penerima SK Perpanjangan Masa jabatan, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE BEcon MM mengungkapkan, sisanya, yaitu 9 desa tidak mendapat SK ini karena belum ada Kades definitif atau masih diisi sementara oleh Penjabat (Pj) Kades.

Perpanjangan Masa Jabatan Kades ini merupakan amanat dari Undang-Undang No 3 tahun 2024 yang merupakan hasil perubahan UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa. Kades yang sebelumnya memiliki masa jabatan 6 tahun mendapatkan perpanjangan menjadi 8 tahun.

Pertambahan masa jabatan ini, maka simultan juga dengan penambahan masa jabatan Ketua BPD. Bupati minta Kades harus pandai menjalin sinergitas baik kepada perangkat desa maupun stakeholder lain, termasuk BPD.

"Ingat, Kades dengan BPD adalah mitra sejajar sama dengan Bupati dengan Ketua DPRD. Jangan sampai kita tidak bisa bangun sinergi baik antar mitra kerja," katanya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: