Pengendara Wajib Tau! 7 Dampak Buruk Telat Mengganti Oli Mesin Motor Matic

Pengendara Wajib Tau! 7 Dampak Buruk Telat Mengganti Oli Mesin Motor Matic

Pengendara Wajib Tau! 7 Dampak Buruk Telat Mengganti Oli Mesin Motor Matic-honda-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Dampak buruk telat mengganti oli mesin motor matic, merupakan sebuah ancaman serius bagi performa dan kesehatan mesin, serta dompet Anda.

Bagi pecinta skuter matic, motor sudah menjadi teman setia untuk beraktivitas sehari-hari. Tapi tahukah Anda, oli mesin memegang peranan krusial seperti darah dalam tubuh manusia?  

Oli tak hanya melumasi komponen mesin, tapi juga mendinginkan dan membersihkannya. Oli yang berkualitas dan terawat, akan menjaga performa mesin matic Anda tetap optimal dan awet.



Masalahnya, seiring pemakaian, oli mesin akan mengalami degradasi kualitas. Oli yang kotor dan jenuh tidak dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

BACA JUGA:Yuk Cari Tau! Maksud dari Modifikasi Kirian pada Motor Matic, Menyelami Ubahan Performa CVT

BACA JUGA:Hal-hal yang Disukai dari Motor Matic Yamaha Fazzio

Parahnya, telat mengganti oli mesin motor matic, dapat menimbulkan berbagai dampak buruk yang merugikan Anda. Yuk, simak 7 dampak buruk telat mengganti oli mesin motor matic:

1. Performa Mesin Menurun

Oli yang kotor dan jenuh tidak mampu memberikan pelumasan optimal. Akibatnya, gesekan antar komponen mesin meningkat.

Gesekan yang berlebihan ini membuat mesin bekerja lebih berat, efeknya performa mesin matic Anda akan menurun drastis. Anda akan merasakan tarikan yang terasa berat, tenaga mesin yang loyo, dan akselerasi yang lambat.

Bayangkan, Anda sedang terburu-buru berangkat kantor, namun motor matic Anda malah lemot dan sulit berlari kencang. Tentu saja ini akan membuat Anda kesal dan terlambat.

2. Mesin Cepat Panas (Overheat)

Oli juga berperan dalam menyerap panas yang dihasilkan dari gesekan antar komponen mesin. Ketika oli tidak diganti secara berkala, kemampuannya untuk menyerap panas akan menurun.

BACA JUGA:Tips Aman Berkendara Motor Matic di Jalan Raya

BACA JUGA:Review Motor Matic Yamaha NMax dan Honda PCX yang Populer di Indonesia

Hal ini dapat menyebabkan mesin cepat panas (overheat). Kondisi overheat pada mesin ini sangat berbahaya.

Mesin yang terlalu panas dapat menyebabkan komponen di dalamnya memuai, dan berisiko bergesekan lebih parah. Parahnya lagi, overheat bisa menyebabkan kerusakan permanen pada komponen mesin, seperti piston dan dinding liner.

Perbaikan komponen mesin yang rusak akibat overheat, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jadi, lebih baik mencegah dengan rajin mengganti oli mesin, bukan?

3. Kerusakan Komponen Mesin

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, oli kotor tidak mampu melumasi komponen mesin dengan baik. Gesekan antar komponen yang tidak terlumasi optimal akan menyebabkan keausan berlebih.  

BACA JUGA:Keren!! Kecanggihan Motor Matic Hero Xoom 110 Combat

BACA JUGA:Keren Banget! Fitur Canggih pada Motor Matic Zontes 350

Lama kelamaan, keausan ini dapat merusak komponen mesin, seperti piston, ring piston, dinding liner, dan bantalan poros engkol. Jika dibiarkan, kerusakan ini bisa semakin parah dan membutuhkan biaya perbaikan yang besar.  

Mencegah tentu lebih baik daripada mengobati, bukan? Rajinlah mengganti oli mesin untuk menghindari kerusakan komponen dan pengeluaran tak terduga.

4. Konsumsi BBM Boros

Mesin yang tidak terawat dengan baik akibat oli kotor, umumnya kurang efisien dalam pembakaran bahan bakar. Hal ini menyebabkan konsumsi bahan bakar (BBM) menjadi lebih boros.  

Artinya untuk menempuh jarak yang sama, Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli BBM. Dalam kondisi ekonomi saat ini, tentu saja pemborosan BBM sangat merugikan.  

BACA JUGA: Teknik Berkendara Motor Matic di Jalanan Menanjak yang Aman

BACA JUGA:6 Panduan Mengoptimalkan Suspensi Motor Matic untuk Berkenda Lebih Nyaman

Dengan mengganti oli secara rutin Anda dapat menghemat pengeluaran untuk biaya BBM, dan berkontribusi pada penggunaan bahan bakar yang lebih efisien.

5. Menimbulkan Kerak dan Deposit

Oli yang kotor dan jenuh dapat meninggalkan kerak dan deposit pada komponen mesin. Kerak dan deposit ini dapat menyumbat celah-celah oli dan mengganggu alirannya, jika dibiarkan kerak dan deposit dapat mengeras dan semakin sulit dibersihkan.

Akibat menumpuknya kerak dan deposit, aliran oli ke seluruh komponen mesin bisa terhambat.  Kondisi ini tentu saja akan memperparah masalah yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Seperti performa mesin menurun, mesin cepat panas, dan kerusakan komponen.  Jadi, penting untuk mencegah penumpukan kerak dan deposit dengan cara rutin mengganti oli.

6. Gas Buang Beracun

Pembakaran yang tidak sempurna akibat mesin yang tidak terawat dengan baik, dapat menghasilkan gas buang yang lebih beracun. Hal ini tidak hanya berbahaya bagi kesehatan pengendara dan orang di sekitar, tetapi juga bagi lingkungan.

BACA JUGA:6 Hal Perkembangan Motor Matic Terbaru 2024

BACA JUGA:Perbandingan Biaya Operasional Motor Matic vs Motor Kopling

Paparan gas buang beracun dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti gangguan pernapasan, iritasi mata, dan pusing kepala.  

Selain itu gas buang yang tidak ramah lingkungan, juga berkontribusi terhadap polusi udara dan kerusakan ekosistem. Dengan mengganti oli secara rutin, Anda turut berkontribusi terhadap lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

7. Merusak Katalis

Katalis merupakan komponen pada sistem pembuangan gas buang, yang berfungsi untuk menetralisir gas beracun menjadi gas yang lebih ramah lingkungan. Kotoran dan kerak dari oli yang tidak diganti dapat mencemari katalis, sehingga fungsinya untuk menetralisir gas buang menjadi berkurang.

Hal ini dapat menyebabkan emisi gas buang yang lebih tinggi dan tidak ramah lingkungan.  Emisi gas buang yang tinggi dapat mencemari udara, dan membahayakan kesehatan manusia.  

BACA JUGA:Alasan Motor Matic Honda Scoopy Baru Kurang Kuat Menanjak

BACA JUGA:Simak! 4 Penyebab Rem Tromol Motor Matic Tidak Pakem

Oleh karena itu penting untuk menjaga katalis agar tetap berfungsi dengan baik, dengan cara rutin mengganti oli mesin.

Oli mesin merupakan komponen vital bagi motor matic. Mengganti oli secara rutin adalah langkah penting, untuk menjaga performa mesin dan mencegah berbagai dampak buruk.

Luangkan waktu Anda untuk memastikan motor matic Anda mendapatkan perawatan terbaik dengan mengganti oli secara rutin.  

Memahami dampak buruk telat mengganti oli mesin motor matic, membuat Anda semakin sadar akan pentingnya menjaga kesehatan motor matic Anda. Dengan oli yang berkualitas dan terawat, motor matic Anda akan menemani perjalanan Anda dengan aman dan nyaman. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: