Puluhan Pekerja Malam di Baturraden Jalani Pemeriksaan, Satu Positif Sipilis

Puluhan Pekerja Malam di Baturraden Jalani Pemeriksaan, Satu Positif Sipilis

Tim dari Puskesmas Baturraden 2 melakukan pengambilan sampel darah penghuni kos yang berprofesi sebagai pekerja malam, di Desa Karangmangu, Baturraden, Kamis sore (20/6/2024).-DIMAS PRABOWO/RADARMAS-

PURWOKERTO,RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Puluhan pekerja malam yang indekos di kawasan RT 05/RW 02 Karangmangu, Baturraden mengantri untuk diperiksa kesehatannya oleh Tim Puskesmas Baturraden 2, di Posyandu setempat sebagai langkah awal pencegahan penyebaran HIV/AIDS, Kamis sore (20/06/2024).

Sismiati Andriani sebagai Programer HIV dari Puskesmas Baturaden 2, menjelaskan, Pemeriksaan ini merupakan kegiatan rutin, bertujuan sebagai deteksi dini dan pencegahan penyebaran virus HIV/AIDS di Kabupaten Banyumas.

"Kegiatan ini rutin kita lakukan, khususnya bagi para pekerja malam di kawasan Baturraden. Setidaknya setiap tiga bulan sekali, kami lakukan pemeriksaan," ujar Sismiati.

BACA JUGA:Ribuan Jiwa di Cilacap Terdampak Kekeringan, 105 Desa Alami Kekeringan

Pada pemeriksaan hari ini difokuskan pada 29 penghuni kos yang semuanya perempuan, untuk menjalani pemeriksaan VCT (Voluntary counseling and testing).

"Kami bekerja sama dengan pihak desa, RT dan RW, yang mengetahui data penghuni kos, dan kegiatan dilakukan di posyandu setempat," tambahnya.

Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa semua penghuni kos di wilayah tersebut negatif HIV, akan tetapi satu orang terdeteksi positif sipilis. Bagi yang positif, langsung diberikan penanganan dengan pemberian obat.

BACA JUGA:Jadi Broker Judi Online, Dua Warga Kemangkon Ditangkap Satreskrim Polres Purbalingga

"Dari 29 orang yang tadi diperiksa, semuanya negatif HIV, tapi satu orang positif sipilis," kata Sismiati.

Selain pemeriksaan kesehatan, petugas juga memberikan edukasi kepada penghuni kos mengenai pencegahan dan pengobatan penyakit. Mereka dianjurkan untuk menggunakan alat pengaman saat berhubungan seksual.

"Kami selalu menyelipkan edukasi mengenai cara pencegahan dan pengobatan," pungkasnya.

BACA JUGA:Sumringah, Besok SK Perpanjangan Masa Jabatan Kades Diterima

Sebagai informasi, kawasan wisata Baturraden memiliki sejumlah tempat hiburan malam dan lokalisasi, sehingga rentan terhadap penyebaran virus HIV/AIDS.(dms)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: