Hari Lingkungan Hidup 2024, Kilang Cilacap dan Perum Jasa Tirta Tanam 100 Ribu Mangrove

Hari Lingkungan Hidup 2024, Kilang Cilacap dan Perum Jasa Tirta Tanam 100 Ribu Mangrove

Jajaran Direksi PT KPI RU IV Cilacap menanam mangrove bersama tamu undangan di wilayah Segara Anakan.-PT KPI RU IV Cilacap Untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID – PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap bekerjasama dengan Perum Jasa Tirta berkomitmen menanam 100.000 mangrove, pada momentum Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia 2024. Komitmen itu diawali penanaman di kawasan Segara Anakan, Desa Ujungalang, Kecamatan Kampung Laut, Selasa (11/6/2024).

Manager Engineering & Development (Engdev) Kilang Cilacap, Hadi Siswanto yang membacakan sambutan GM Edy Januari Utama mengungkapkan penanaman 100.000 pohon mangrove dilakukan dalam dua tahap di tahun 2024. 

"Tahap pertama ada 50.000 pohon, dilanjutkan 50.000 pohon lainnya di tahap kedua. Kegiatan awal di Segara Anakan ini kami tanam 200 pohon," katanya.

Dijelaskan Hadi, bibit mangrove yang ditanam kali ini adalah hasil kolaborasi Kilang Cilacap dengan Perum Jasa Tirta sebagai salah satu pemenuhan klausul kerjasama dalam pengadaan air bersih untuk operasional Kilang Cilacap.

BACA JUGA:Aksi Penyelundupan 16 Ribu Ekor Baby Lobster ke Luar Cilacap Berhasil Digagalkan, Kerugian Capai Rp 1,6 Miliar

BACA JUGA:Masuk Musim Kemarau, Wilayah Cilacap Masih Diguyur Hujan

Di kesempatan yang sama perwakilan Perum Jasa Tirta, Medi Rachmadyan menyampaikan perusahaannya di berbagai kesempatan ikut ambil bagian dalam penanaman mangrove sebagai Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). 

"Kepedulian pada lingkungan harus ditanamkan sejak dini," ujarnya.

Hal yang sama disampaikan perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cilacap, Ady Setiawan yang menyebut apa yang sudah ditanam harus dijaga dan diluaskan areanya. 

"Tujuannya meningkatkan kesadaran melestarikan lingkungan karena hanya ada satu bumi (only one earth), bumi milik kita bersama yang harus dijaga," ucapnya.

Kegiatan HLH tahun 2024 ini mengangkat tema Land Restoration, Desertification, And Drought Resilience. 

"Dimaknai sebagai restorasi lahan, penggurunan dan ketahanan terhadap kekeringan dengan slogan our land, our future, generation restoration," lanjut Ady. 

Menurutnya, semangat dari tema ini adalah mengajak seluruh penduduk bumi untuk meningkatkan kesadaran dan bertindak mendukung perubahan untuk pelestarian lingkungan serta penyelesaian krisis iklim. 

"Salah satunya dengan restorasi mangrove di Desa Ujungalang, Kecamatan Kampung Laut ini," imbuh Ady. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: