7 Penyebab Suara Mesin Motor Matic Nmax Menjadi Kasar, Deteksi Dini dan Perawatan Optimal
7 Penyebab Suara Mesin Motor Matic Nmax Menjadi Kasar, Deteksi Dini dan Perawatan Optimal-youtube-
RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penyebab suara mesin motor matic Nmax menjadi kasar, menjadi hal yang meresahkan para penggunanya. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari masalah ringan hingga serius.
suara mesin yang halus dan tenang adalah irama merdu bagi pecinta otomotif. Namun, bagaimana jika Yamaha Nmax Anda, tiba-tiba mengeluarkan suara kasar yang mengusik ketenangan?
Jangan terburu-buru panik! Yuk Kenali 7 penyebab suara mesin motor matic Nmax menjadi kasar.
1. Tensioner Keteng Lemah
Komponen bernama tensioner keteng, memegang peranan penting menjaga kekencangan rantai keteng. Rantai keteng yang kendur akibat tensioner lemah dapat menimbulkan suara "klotok-klotok" pada mesin.
BACA JUGA:Waspadai!! 7 Akibat Fatal dari Penggunaan Oli Mesin Motor Matic yang Tidak Sesuai Spesifikasi
BACA JUGA:7 Fitur Canggih yang Dimiliki Motor Matic Honda Navi, Skutik Bergaya Sport
Masalah ini kerap ditemui pada Nmax generasi awal. Tensioner yang lemah tidak dapat lagi menekan rantai keteng dengan optimal, sehingga menimbulkan hentakan yang berbunyi gaduh.
Deteksi dini dengan memerhatikan adanya suara "klotok-klotok", terutama saat mesin dingin atau saat putaran mesin sedang tinggi. Segera lakukan penggantian tensioner keteng dengan komponen baru, yang sesuai spesifikasi untuk mengembalikan kinerja mesin seperti sedia kala.
2. Klep Aus atau Rusak
Klep menjadi komponen vital yang mengatur buka-tutup jalur masuknya bahan bakar dan udara, serta keluarnya gas buang di ruang bakar. Klep yang aus atau rusak tidak dapat menutup dengan rapat, sehingga terjadi kebocoran kompresi.
Kebocoran ini memicu bunyi "tek-tek" atau "cetek-cetek" yang mengganggu. Selain suara yang tidak nyaman, kebocoran kompresi juga dapat menyebabkan penurunan performa mesin dan konsumsi bahan bakar yang lebih boros.
BACA JUGA:KEREN ABIS! 7 Fitur Canggih Andalan Motor Matic Yamaha NMAX Terbaru, yang Bikin Kamu Kagum
BACA JUGA:HEBOH!! Motor Matic Nmax Turbo Sebagai Ancaman Serius Untuk PCX 160
Periksalah kondisi klep secara berkala di bengkel resmi Yamaha. Jika klep sudah terlampau aus atau bengkok, penggantian dengan klep baru menjadi solusi terbaik.
3. Bearing Noken As Oblak
Bearing atau laher noken as memiliki fungsi krusial, untuk menopang putaran noken as dengan lancar. Bearing yang aus atau oblak tidak lagi mampu menyangga noken as dengan baik, sehingga menimbulkan suara "gredek-gredek" yang kasar.
Bunyi ini biasanya semakin jelas pada saat mesin dingin, ketika oli belum melumasi komponen secara menyeluruh. Segera lakukan pemeriksaan bearing noken as di bengkel.
Penggantian bearing yang aus dengan komponen baru wajib dilakukan, untuk menghindari kerusakan yang lebih parah.
4. Suara "Grrrrr" yang Mengganggu
Di dalam transmisi terdapat laher gearbox yang berfungsi meredam gesekan antar roda gigi. Ketika laher gearbox aus, fungsinya sebagai peredam pun berkurang.
BACA JUGA:5 Hal yang Disukai dari Motor Matic Honda Forza 250
BACA JUGA:4 Hal yang Tidak Disukai dari Motor Matic Honda Forza 250
Hal ini menyebabkan bunyi "grrrrr" yang terdengar jelas saat motor sedang berakselerasi. Bunyi ini biasanya akan semakin kencang seiring dengan peningkatan kecepatan motor.
Jika Anda mendapati suara tersebut, jangan abaikan. bawa Nmax kesayangan Anda ke bengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut.
Penggantian laher gearbox yang aus dengan komponen baru, menjadi solusi untuk mengembalikan performa perpindahan gigi dan menghilangkan suara berisik.
5. Roller Peyang
Roller merupakan komponen penting di dalam CVT, yang bertugas meneruskan tenaga mesin ke roda belakang. Seiring dengan penggunaan, roller bisa mengalami keausan dan menjadi peyang.
BACA JUGA:Hati-Hati! Inilah Penyebab Van Belt Motor Matic Bermasalah
BACA JUGA:5 Cara Mengetahui Jenis Penyakit Pada Motor Matic
Roller yang peyang tidak lagi dapat bekerja optimal, sehingga menimbulkan suara "decit-decit" saat proses akselerasi. Selain suara yang mengganggu, roller peyang juga dapat menyebabkan gejala seperti tarikan mesin yang kurang smooth dan bergetar.
Lakukan penggantian roller dengan komponen baru secara berkala, sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Biasanya, penggantian roller dilakukan bersamaan dengan servis CVT berkala.
6. Sabuk V-Belt Kendur
Sabuk V-belt merupakan komponen vital, yang menghubungkan putaran mesin dengan generator dan kipas pendingin. Ketika sabuk V-belt kendur, maka akan timbul suara "ciiiiiit" pada saat mesin dihidupkan.
Bunyi ini biasanya hilang saat mesin sudah panas dan sabuk V-belt memuai karena efek panas. Kendurnya sabuk V-belt dapat disebabkan oleh keausan atau setelan yang kurang tepat, periksalah kondisi dan ketegangan sabuk V-belt secara berkala.
BACA JUGA:9 Tips Merawat Motor Matic agar Tetap Prima
BACA JUGA: Mengoptimalkan Performa Motor Matic untuk Perjalanan Jauh
Jika sudah aus atau kendur, lakukan penggantian dengan sabuk V-belt baru yang sesuai spesifikasi. Pastikan juga ketegangan sabuk V-belt diset dengan tepat sesuai dengan anjuran pabrikan.
7. Mangkuk Kopling Bermasalah
Mangkuk kopling berfungsi untuk menampung kampas kopling, dan meneruskan tenaga dari mesin ke transmisi. Mangkuk kopling yang aus atau bergelombang, dapat menimbulkan suara "grrrrrr" saat kopling dilepaskan.
Bunyi ini biasanya semakin kencang saat tarikan gas dipelintir. Penyebab mangkuk kopling bermasalah bisa bermacam-macam, seperti keausan, hentakan saat proses kopling, atau bahkan akibat dari kesalahan saat modifikasi.
Jika Anda mendengar suara ini, bawalah Nmax Anda ke bengkel untuk pemeriksaan dan penanganan yang tepat. Penggantian mangkuk kopling dengan komponen baru, mungkin diperlukan untuk mengembalikan fungsi kopling yang optimal.
BACA JUGA:AHM Luncurkan Motor Matic All New Honda BeAT dengan Desain dan Fitur Keamanan Baru
BACA JUGA:Pengaruh Gaya Berkendara Motor Matic terhadap Konsumsi BBM
Dengan memahami penyebab suara mesin motor matic Nmax menjadi kasar, Anda dapat menjaga performa mesin Anda tetap optimal dalam jangka waktu panjang. Ingatlah, deteksi dini dan perawatan yang tepat, adalah kunci utama untuk menjaga performa dan ketahanan motor kesayangan Anda. (akr)
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: