Mahasiswa Unsoed Belajar Jurnalistik Kunjungi Kantor Radar Banyumas

Mahasiswa Unsoed Belajar Jurnalistik Kunjungi Kantor Radar Banyumas

Kunjungan Mahasiswa Unsoed ke Kantor Radar Banyumas, Jumat (7/6/2024)-Laily Media Yuliana/Radar Banyumas-

PURWOKERTO, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebanyak 40 mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dari Himpunan mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), berkunjung ke kantor Radar Banyumas, Jumat (7/6/2024).

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk memahami terkait jurnalistik. Terlebih di era digital saat ini. Di mana media tidak hanya konvensional atau cetak berupa koran, tetapi juga merujuk pada berita online yang ada di website.

Pimpinan Redaksi Radar Banyumas, Yudhis Fajar Kurniawan menyampaikan, meskipun media online di website saat ini lebih banyak diminati, tetapi media konvensional juga tidak bisa dilupakan.

"Kita tidak bisa lagi mengandalkan website, harus tetap seimbang dengan cetak," ujarnya.

Di wilayah Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, dan Cilacap saat ini, media cetak lokal yang bertahan hanya ada dua, salah satunya Radar Banyumas. Meskipun sekarang tidak masuk ke semua segmen, tetapi media cetak tetap harus ada.

Yudhis mengibaratkan, media pemberitaan saat ini seperti fashion. Biasanya fashion zaman dulu, akan tern lagi di masa kini. Seperti halnya media cetak, bisa jadi suatu saat koran akan kembali banyak diminati.

"Di beberapa negara, ada yang mulai membaca koran lagi, bisa saja di masa akan datang, orang-orang mencari informasi dan berita dari koran," paparnya.

Di samping itu, Yudhis juga mengatakan, agar mahasiswa bisa membedakan antara berita bohong dan bisa dipercaya. Di sinilah peran jurnalis sesungguhnya.

"Sampai sekarang, jurnalistik itu ikhtiar menyampaikan informasi yang sebenarnya, dan dikemas semenarik mungkin, agar orang tertarik untuk membaca," katanya.

Selanjutnya, para mahasiswa tersebut diajak office tour Radar Banyumas oleh Redaktur Radar Banyumas, Ali Ibrahim. mahasiswa pun takjub melihat mesin cetak koran yang baru pertama kali dilihat.

Saat Kunjungan, tidak ada proses cetak koran. Sebab pelaksanaan cetak koran dilakukan dini hari. (ely)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: