Wajib Tau! 7 Penyebab dari Keluarnya Asap pada Knalpot Motor Matic

Wajib Tau! 7 Penyebab dari Keluarnya Asap pada Knalpot Motor Matic

Wajib Tau! 7 Penyebab dari Keluarnya Asap pada Knalpot Motor Matic-yamaha-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Penyebab dari keluarnya asap pada knalpot motor matic beragam, dan dapat dikategorikan berdasarkan warnanya. Asap knalpot motor matic yang keluar secara normal, biasanya berwarna bening atau sedikit keputih-putihan.

Namun jika warnanya berubah menjadi putih pekat, hitam pekat, atau biru pekat, ini bisa menjadi pertanda adanya masalah pada mesin.



Asap tersebut tak ubahnya "penjahat", yang siap mengganggu performa dan merusak motor matic Anda. Yul kita kupas lebih dalam, mengenai 7 penyebab dari keluarnya asap pada knalpot motor matic.

1. Silinder atau Liner Mesin Aus

Silinder atau liner mesin bisa diibaratkan sebagai jantung dari motor matic. Penyebab yang pertama ini dapat berupa keausan pada dinding silinder.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Motor Matic Yamaha Tren Terbaru 2024

BACA JUGA:7 Cara Membuat Akselerasi Motor Matic Meningkat Tanpa Bore Up

Keausan ini membuat oli mesin merembes ke ruang bakar, dan terbakar bersama bahan bakar. Hasilnya? Asap putih tebal yang keluar dari knalpot.

Solusi permanen untuk permasalahan ini adalah, dengan melakukan bore up yaitu proses memperbesar diameter silinder. Dengan diameter yang lebih besar piston baru yang digunakan pun, akan lebih rapat dengan dinding silinder sehingga kebocoran oli bisa diminimalisir.

Namun bore up tergolong modifikasi mesin, yang sebaiknya dilakukan di bengkel berpengalaman. Sebagai solusi sementara, Anda bisa menggunakan oli mesin yang lebih kental.

Oli yang kental memiliki kemampuan menahan celah yang lebih baik, sehingga bisa mengurangi kebocoran. Akan tetapi perlu diingat bahwasanya ini bukanlah merupakan solusi jangka panjang, segera lakukan bore up jika asap putih pekat terus keluar dari knalpot.

2. Batang Katup Bengkok

Komponen selanjutnya yang bisa menjadi biang asap knalpot abnormal, adalah batang katup. Katup berfungsi mengatur aliran udara dan bahan bakar, yang masuk ke ruang bakar.

BACA JUGA:Inilah Tanda-tanda Aki Motor Matic Lemah

BACA JUGA:5 Pencegahan Aki Motor Matic Lemah

Jika batang katup bengkok fungsinya pun terganggu, maka aliran udara dan bahan bakar menjadi tidak lancar. Sehingga pembakaran tidak sempurna akibatnya, asap hitam pekat keluar dari knalpot.

Untuk mengatasi masalah ini bengkel perlu membongkar mesin, untuk memeriksa dan mengganti batang katup yang bengkok. Jangan tunda perbaikan jika Anda mendapati asap hitam pekat keluar dari knalpot, apalagi jika disertai dengan mesin yang terasa kurang bertenaga.

3. Ring Piston Aus

Ring piston memiliki peran krusial dalam menjaga kompresi mesin, dan mencegah oli mesin masuk ke ruang bakar. Ring piston yang aus bisa diartikan sebagai keausan, sehingga fungsinya tidak optimal.

Hal ini dapat menyebabkan kompresi bocor dan oli mesin ikut terbakar, hasil pembakaran oli inilah yang menimbulkan asap putih tebal pada knalpot. Solusi untuk permasalahan ini adalah dengan mengganti ring piston dengan yang baru.

BACA JUGA:5 Hal yang Tidak Disukai dari Motor Matic Honda Stylo 160

BACA JUGA:4 Tips Menjaga Cat Motor Matic Awet dan Tidak Cepat Rusak

Sekalian dengan penggantian ring piston, ruang bakar juga perlu dibersihkan dari kerak karbon yang mungkin menumpuk. Kerak karbon bisa mengganggu proses pembakaran dan memperparah masalah asap knalpot.

4. Seal Katup Bocor

Seal katup berfungsi menutup celah antara batang katup dan kepala silinder. Jika seal katup bocor, oli mesin bisa masuk ke ruang bakar dan terbakar bersama bahan bakar.

Sama seperti masalah pada ring piston aus, efeknya adalah asap putih tebal yang keluar dari knalpot. Cara mengatasi kebocoran seal katup, adalah dengan menggantinya dengan yang baru.

Proses perbaikan ini, umumnya dilakukan bersamaan dengan pembersihan ruang bakar dari kerak karbon. Yang sama seperti pada permasalahan ring piston aus.

5. Oli Mesin Encer

Oli mesin memiliki kekentalan tertentu, yang disesuaikan dengan spesifikasi mesin motor matic Anda. Oli yang terlalu encer tidak dapat melumasi mesin dengan baik.

BACA JUGA:Apakah Motor Matic Boleh Memakai Per CVT Racing? Ini Jawabannya!

BACA JUGA:Fungsi Bagian-bagian pada Body Motor Matic

Akibatnya, oli bisa bocor ke ruang bakar dan terbakar, menghasilkan asap putih tipis. Solusi untuk permasalahan ini terbilang mudah, yaitu dengan menggunakan oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi motor matic Anda.

Biasanya informasi kekentalan oli yang direkomendasikan, tertera pada buku panduan kepemilikan motor matic Anda. Konsultasikan dengan bengkel kepercayaan Anda, jika ragu mengenai pemilihan oli yang tepat.

6. Penggunaan Bahan Bakar yang Tidak Sesuai

Bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin, bisa diibaratkan seperti memberikan makanan yang salah kepada tubuh kita. Pembakaran yang tidak sempurna akibat penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai, akan menghasilkan asap hitam pekat.

Untuk menghindari masalah ini, selalu gunakan bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan motor Anda. Biasanya informasi mengenai jenis bahan bakar yang direkomendasikan, tertera pada buku panduan kepemilikan motor matic Anda.

BACA JUGA:5 Efek Negatif dari Penggunaan Per CVT Racing Pada Motor Matic

BACA JUGA:Mengenal Perbedaan Per CVT Racing Dengan Per CVT Standar Pada Motor Matic, Mana yang Lebih Baik?

Selain itu Anda juga pastikan mengisi bahan bakar motor matic di SPBU resmi, untuk menjaga kualitas bahan bakar.

7. Tune-up Mesin Berlebihan

Tune-up mesin yang dilakukan secara berlebihan, ibarat obat yang diminum secara berlebihan. Alih-alih menyehatkan, tune-up yang berlebihan justru dapat merusak sistem bahan bakar dan menghasilkan asap hitam pekat.

Solusi untuk permasalahan ini, adalah dengan melakukan tune-up mesin sesuai dengan anjuran pabrikan. Jangan tergoda dengan tawaran tune-up yang menjanjikan performa mesin yang fantastis, karena hal tersebut berpotensi merusak mesin Anda.

Dengan mengenali penyebab dari keluarnya asap pada knalpot motor matic, Anda dapat menjaga kesehatan motor matic Anda dan terhindar dari kerusakan yang lebih parah. Ingat asap knalpot bukan hanya mengganggu pemandangan, tapi juga bisa menguras dompet Anda. (akr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: