Perawatan Bearing Roda Motor Matic yang Benar

Perawatan Bearing Roda Motor Matic yang Benar

10 Penyebab Bearing Roda Motor Matic Gagal-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Bearing roda motor matic, meskipun tak terlalu mencolok, memiliki peran penting dalam kenyamanan dan keselamatan berkendara. Perawatan rutin perlu dilakukan untuk mencegah potensi kerusakan yang dapat berdampak pada pengendalian kendaraan.

Bearing roda motor matic berada di bagian roda dan jarang mendapat perhatian khusus. Perawatan rutin diperlukan untuk mencegah potensi kerusakan yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan bahaya saat berkendara.

Kerusakan pada bearing roda motor matic tidak hanya menimbulkan ketidaknyamanan, tetapi juga berpotensi menyebabkan bahaya. Ketika bearing bermasalah atau rusak, ban akan terasa oleng dan motor sulit dikendalikan. 

Untuk menjaga kinerja optimal bearing roda motor matic, perawatan rutin diperlukan. Berikut adalah langkah-langkah penting yang dapat dilakukan untuk mencegah kerusakan dan memastikan keselamatan berkendara:

1. Goyangkan Roda Ke Kiri dan Ke Kanan

Perawatan bearing roda motor matic adalah bagian penting dari pemeliharaan kendaraan yang sering diabaikan. Salah satu langkah penting dalam perawatan adalah pemeriksaan rutin setiap 4000 KM atau sesuai dengan buku panduan pemilik sepeda motor. 

BACA JUGA:5 Hal yang Tidak Disukai dari Motor Matic Honda Stylo 160

BACA JUGA:5 Hal yang Disukai dari Motor Matic Honda Stylo 160

Salah satu cara sederhana untuk memeriksa kondisi bearing roda motor matic adalah dengan mengoyangkan roda ke kiri dan ke kanan. Jika saat mengayak, roda terasa goyang atau oblak, kemungkinan besar bearing ban motor sudah mengalami kerusakan.

Penting untuk diingat bahwa bearing roda sepeda motor yang rusak tidak dapat diperbaiki. Jika terjadi kerusakan pada bearing, segera gantilah dengan yang baru. Hal ini penting untuk menjaga kinerja optimal roda motor matic dan mencegah potensi bahaya saat berkendara.

Perawatan bearing roda motor matic merupakan langkah penting dalam menjaga kinerja dan keamanan berkendara. Melakukan pemeriksaan secara rutin dan mengganti bearing yang rusak dengan yang baru adalah langkah-langkah penting. 

2. Periksa Karet Tutup Pelindung

Karet tutup pelindung pada bearing berfungsi sebagai perlindung bearing. Ketika karet tutup pelindung mulai getas atau rusak, bearing berpotensi terkena masalah karena debu dan air dapat masuk dan mengganggu pergerakan bola baja, serta berpotensi membuat komponen bearing cepat berkarat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: