Workshop UMKM PWP Cilacap, Dukung Ibu-Ibu Kreatif dan Inovatif

Workshop UMKM PWP Cilacap, Dukung Ibu-Ibu Kreatif dan Inovatif

Para pesert workshop melakukan foto bersama narasumber seusai acara.-PT KPI RU IV Cilacap Untuk Radarmas-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Sebagai dukungan nyata bagi anggotanya yang kreatif dalam menjalankan usaha, Persatuan Wanita Patra (PWP) PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit CILACAP menyelenggarakan workshop UMKM, Senin (3/6/2024). Kegiatan yang diikuti sekitar 80 anggota PWP digelar di gedung PWP, komplek Perumahan Pertamina Gunung Simping, CILACAP.

Ketua PWP Cilacap, Ny Mahmudah Edy Januari menjelaskan, wanita memiliki potensi, semangat dan inovasi dalam berbisnis, khususnya anggota PWP Cilacap.

"Banyak yang berawal dari sebuah hobi berkreasi membuat makanan favorit keluarga maupun produk lain, lalu berkembang menjadi industri rumahan yang memiliki nilai tambah ekonomi," ujarnya. 

Atas dasar itulah lanjut dia, PWP menyelenggarakan workhsop bertema bertema ‘Menggali Konsep Pemasaran Ideal melalui Digital Marketing’.

BACA JUGA:Potensi Cuaca Ekstrem hingga Gelombang Tinggi di Cilacap Berpotensi pada Awal Juni

BACA JUGA:Desa Cimrutu dan Desa Rawaapu Mulai Terdampak Kekeringan, Ini Langkah BPBD Cilacap

"Tujuannya antara lain untuk semakin mengasah softskill ibu-ibu dalam menjalankan usahanya, terutama dalam hal pemasaran melalui Digital Marketing," kata Ny Mahmudah.

Pihaknya berharap tambahan pengetahuan seputar digital marketing semakin meningkatkan semangat dan motivasi peserta dalam memasarkan produk andalannya.

"Semoga kegiatan ini bermanfaat dan diaplikasikan dalam kegiatan usaha ibu-ibu PWP," imbuhnya.

Workshop ini merupakan agenda rutin PWP melalui Bidang Ekonomi. Kali ini menghadirkan Pakar Digital Marketing Cilacap, Tri Wahyu Sungkowo. 

"Perkembangan zaman yang semakin modern, maka pelaku UMKM harus memberikan inovasi kreatif pada produk yang dipasarkan. Salah satunya inovasi platform dan media penjualan, dengan memanfaatkan media sosial," katanya.

Disebutkan, 3 piilar utama bisnis adalah produksi, penjualan dan manajemen. "Dari tiga poin ini, penawaran menjadi ujung tombak. Inilah pentingnya digital marketing di era media sosial," jelasnya.

Pak Sung juga berpesan tekait prinsip jualan di medsos, terutama media Whatsapp. "Pesan saya jangan asal iklan, perbanyak kontak, libatkan media sosial yang lain, berbagi, coprywriting dan fast respon," imbuhnya.

Terpisah Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Cilacap, Cecep Supriyatna mendukung sepenuhnya kreatifitas PWP dalam kegiatan tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: