5 Kebiasaan yang Ternyata Bisa Membuat Motor Matic Cepat Rusak

5 Kebiasaan yang Ternyata Bisa Membuat Motor Matic Cepat Rusak

Beberapa kebiasaan yang biasa dilakukan pemilik sepeda motor matic yang dapat mengakibatkan kerusakan pada kendaraan.-Fahma Ardiana-

 

Memang harga oli khusus sepeda motor matic bisa dibilang cukup mahal. Namun hal ini sebanding dengan performa kendaraan yang dapat dicapai.

4. Jangan lupa membersihkan CVT

CVT atau transmisi variabel kontinu merupakan komponen penting pada sepeda motor matic. Komponen ini berfungsi untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke roda sehingga sepeda motor matic dapat berputar dan bergerak.

Pengendara sepeda motor matic juga harus memperhatikan kondisi komponen ini karena fungsinya sangat penting.

BACA JUGA:5 Cara Menggunakan Fitur USB Motor Matic Agar Bekerja Secara Optimal

BACA JUGA:Perhatikan! Inilah Cara Mengatasi Aki Motor Matic Cepat Drop

 

Salah satu pilihannya adalah dengan membersihkan bagian CVT setiap 8.000 km. Suku cadang CVT yang kotor dapat menimbulkan suara bising yang tidak normal saat berkendara.

5. Jangan lupa bersihkan filter udara dan perhatikan kondisi busi

Selain komponen CVT, filter udara dan busi sepeda motor matic juga harus dibersihkan dan diganti secara berkala. Seperti halnya CVT, kedua komponen ini juga mempengaruhi performa mesin sepeda motor matic.

Oleh karena itu, jika diperhatikan kedua komponen tersebut maka traksi sepeda motor matic akan berkurang secara signifikan dan performa yang diberikan pun lebih baik lagi. 

Itulah dia  beberapa kebiasaan yang biasa dilakukan pemilik sepeda motor matic yang dapat mengakibatkan kerusakan pada kendaraannya. Mulai saat ini yuk kita jaga kondisi sepeda motor matic kita agar tidak mudah rusak. 

Selain itu, jangan lupa untuk menyervis sepeda Anda setiap 2-3 bulan sekali. (fah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: