284 PKD Cilacap Dilantik, Diminta Agar Jaga Netralitas dan Integritas

 284 PKD Cilacap Dilantik, Diminta Agar Jaga Netralitas dan Integritas

Panwascam Kecamatan Maos saat mengambil sumpah janji anggota PKD di wilayah Kecamatan Maos, Sabtu (1/6/2024).-JULIUS/RADARMAS-

CILACAP, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Setelah melalui tahapan tes serta wawancara, sebanyak 284 Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) untuk Pilkada serentak pada bulan November mendatang akhirnya dilantik.

Pelantikan para PKD tersebut di bagi menjadi 2 hari yaitu pada Sabtu (1/6/2024) dan Minggu (2/6/2024) hari ini, dan dilaksankan pada masing-masing kecamatan secara serentak.

"Pelantikan di hari Sabtu kemarin sebanyak 14 kecamatan. Sedangkan pada hari Minggu ini sebanyak 10 kecamatan," kata Koordinator Divisi SDM Bawaslu Kabupaten Cilacap Nuryanti, Minggu (2/6/2024).

Para PKD terlantik setelah mendapatkan pembekalan diminta agar segera melakukan kerja pencegahan dan pengawasan pilkada khususnya melakukan sosialisasi pengawasan Pilkada 2024.

BACA JUGA:Ular Sepanjang 2,5 Meter Diamankan Damkar Cilacap Setelah Memangsa Ayam

BACA JUGA:Kasus HIV/AIDS di Kabupaten Cilacap Capai 2.304

"Mereka adalah ujung tombak pengawasan, sehingga ketika sudah cukup mendapatkan bekal mereka dapat segera turun ke masyarakat," lanjutnya.

Sebagai tugas pertama, PKD akan mengawal dan mengawasi pemutakhiran data pemilih. Apalagi tahapan tersebut selalu menjadi masalah klasik pada setiap pelaksanaan Pemilu.

"Pada tahapan ini mereka (PKD) harus bekerja sama dengan penyelenggara pemilu lainnya, laporkan setiap ditemui kendala di desa atau kelurahan masing-masing," tandasnya.

Selain itu, mereka diharapkan segera tancap gas untuk berkoordinasi di wilayahnya masing-masing, bekerja secara profesional dan penuh tanggung jawab.

"Tugas mereka menjaga netralitas dan integritas yang menjadi syarat mutlak bagi seorang pengawas termasuk memahami tahapan pemilu sampai sejauh mana," pungkas Nuryanti. (jul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: