Awasss! Penyebab Aki Motor Matic Cepat Drop

Awasss! Penyebab Aki Motor Matic Cepat Drop

5 Penyebab Aki Motor Matic Lemah-Pinterest -

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Aki motor matic cepat drop adalah masalah yang sangat menjengkelkan bagi para pengendara sepeda motor. Sehingga sangat penting bagi pengguna untuk memehami penyebab dan cara mengatasi Aki motor matic cepat drop

Contohnya, bel yang tidak berbunyi atau beberapa komponen pada speedometer yang tidak berfungsi dengan normal. Bahkan jika tidak segera diatasi, hal ini dapat mengakibatkan sistem kelistrikan motor mengalami kegagalan total.

Dampaknya sangat serius, karena motor bisa mogok atau menolak untuk menyala secara tiba-tiba. Bayangkan betapa menyedihkannya jika Anda mengalami dampak buruk akibat aki motor yang cepat drop. 

Apalagi jika keadaan ini terjadi di saat-saat genting, pastinya hal ini akan sangat mengganggu. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut, penting untuk memahami penyebab aki motor cepat drop agar motor Anda terhindar dari masalah serius.

Penyebab Aki Motor Cepat Drop

1. Kiprok Bermasalah

Salah satu penyebab aki motor matic cepat drop adalah masalah pada kiprok. Kiprok, singkatan dari "kontrol regulator pengisian", merupakan komponen vital yang bertanggung jawab dalam mengatur tegangan listrik yang disalurkan ke aki.

BACA JUGA:Apakah Mengganti Oli Motor Matic Harus Sepaket Dengan Filternya? Ini Penjelasannya

BACA JUGA:Apakah Biaya Servis CVT Motor Matic Mahal? Ini Estimasi Harganya

Fungsi kiprok sebenarnya cukup sederhana, yaitu memastikan arus listrik yang masuk ke aki sesuai dengan kebutuhannya. Jika arus listrik terlalu rendah, aki akan kekurangan daya. Sebaliknya, jika arus listrik terlalu besar, aki bisa menggelembung dan akhirnya rusak.

Jika sepeda motor yang digunakan secara rutin tiba-tiba mengalami pelemahan pada aki, salah satu kemungkinannya adalah kiprok yang mengalami kerusakan. Pengecekan secara teratur dapat menjadi langkah yang tepat untuk menjaga kesehatan aki dan mencegah penurunan kinerja yang tidak diinginkan. 

Dengan memahami peran penting kiprok dalam sistem kelistrikan motor, Anda dapat mengidentifikasi dan mengatasi masalah dengan lebih efektif, sehingga aki motor tetap berfungsi dengan baik dan tidak cepat drop.

2. Spull Bermasalah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: