5 Cara Menggunakan Engine Brake Pada Motor Matic

5 Cara Menggunakan Engine Brake Pada Motor Matic

Kumpulan cara menggunakan engine brake pada motor matic-Pinterest -

1. Turunkan Kecepatan Secara Bertahap 

Turunkan kecepatan secara bertahap dengan melepaskan gas perlahan-lahan. Ini memungkinkan mesin untuk secara alami memperlambat putaran poros engkol dan mengurangi laju kendaraan tanpa harus bergantung pada rem. 

Dengan cara ini, kalian bisa mengontrol kendaraan dengan lebih baik dan menghindari pengereman yang mendadak atau kasar.

2. Gunakan Gear yang Sesuai

Gunakan gear yang sesuai dengan situasi saat menurunkan kecepatan. Turunkan gigi persneleng secara bertahap agar mesin tetap berada dalam rentang putaran yang aman. 

Ini memungkinkan mesin untuk memberikan torsi yang cukup untuk memperlambat kendaraan dengan lebih efisien, sehingga kalian bisa mengontrol laju kendaraan dengan lebih baik dan menghindari keausan berlebih pada sistem transmisi.

3. Hindari Menekan Gas Terlalu Kencang 

Hindari menekan gas terlalu kencang setelah melepaskan gas saat menggunakan engine brake. 

Menekan gas terlalu kencang atau mendadak, dapat mengurangi efektivitas engine brake karena mesin akan kembali meningkatkan putaran dan menyebabkan kendaraan tetap bergerak dengan kecepatan yang tidak diinginkan. 

Dengan tetap memperhatikan kontrol gas dengan hati-hati, kalian bisa memaksimalkan efisiensi engine brake dan mengendalikan laju kendaraan dengan lebih baik.

BACA JUGA:Pentingnya Penggunaan Penerangan yang Tepat, Ini Fungsi Lampu Jauh dan Dekat pada Motor Matic

BACA JUGA:8 Rekomendasi Motor Matic Yamaha Tahun 2024 Beserta Spesifikasinya

4. Gunakan Teknik Downshifting

Gunakan teknik downshifting saat menurunkan kecepatan. Downshifting adalah teknik di mana kalian turun ke gigi yang lebih rendah untuk memperlambat kendaraan. 

Saat menurunkan kecepatan, turun ke gigi yang lebih rendah secara bertahap. Hal ini akan meningkatkan efektivitas engine brake karena mesin akan memberikan torsi yang lebih besar untuk memperlambat kendaraan dengan lebih efisien. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: