Hemat, Perbaikan Ringan Alat Berat BPBD Dilakukan Sendiri

Hemat, Perbaikan Ringan Alat Berat BPBD Dilakukan Sendiri

Rutin : Operator Backhoe dibanti tim BPBD saat membersihkan alat berat itu usai dipakai dilokask bencana.-Amarullah Nurcahyo/Radarmas-

PURBALINGGA, RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purbalingga memiliki sejumlah peralatan dan perlengkapan. Seperti alat berat backhoe dan lainnya. Untuk perbaikan ringan alat berat, kerap ditangani sendiri.

"Hemat anggaran, penggantian minyak backhoe, sokbeker dan lainnya, ditangani sendiri. Tujuannya lebih efisien anggarannya," kata Kepala Pelaksana BPBD Purbalingga, Ir Prayitno MSi, Kamis 30 Mei 2024.

Meski begitu, ketika ada kerusakan berat pada salah satu peralatan, teknisi bengkel profesional tetap digunakan.

"Baru-baru ini hanya sebatas membersihkan roda rantai backhoe, pelumasan dan antikarat, dikerjakan sendiri. Operator yang melaksanakan, dibantu tim Dal Ops," tambahnya.

BACA JUGA:Hujan Sudah Mulai Jarang, BPBD Kabupaten Purbalingga Belum Dapatkan Permintaan Bantuan Air Bersih

BACA JUGA:Libur Lebaran, BPBD Kabupaten Purbalingga Antisipasi Bencana Hidrometeorologi

Ia mengakui, misalnya backhoe selesai digunakan di lokasi bencana, tidak hanya membersihkan kotoran di fisiknya, namun mengecek rantai dan lengan serta baket pengeruk.

"Kalau tidak langsung dibersihkan, maka potensi berkarat semakin tinggi. Kami rutin perawatan ringan dan belum pernah sampai rusak parah," katanya. (amr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: