Hal-Hal yang Harus Disiapkan Saat Akan Touring Menggunakan Motor Matic

Hal-Hal yang Harus Disiapkan Saat Akan Touring Menggunakan Motor Matic

Beberapa kelemahan sepeda motor matic dan apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melakukan touring jarak jauh.-Fahma Ardiana-

RADARBANYUMAS.DISWAY.ID - Banyak orang memilih sepeda motor matic karena lebih praktis dan mudah dikendarai. Misalnya, sepeda motor matic tidak perlu lagi mengoperasikan kopling dan persneling secara manual. 

Menariknya, sepeda motor matic kini tidak hanya digunakan untuk keperluan sehari-hari saja, namun juga untuk touring jarak jauh.

Meski umumnya semua jenis sepeda motor cocok untuk perjalanan jarak jauh, namun bukan berarti Anda bisa sembarangan membawa sepeda motor matic. 

Supaya aman, sebaiknya pahami dulu beberapa kelemahan sepeda motor matic dan apa saja yang harus dipersiapkan sebelum melakukan touring jarak jauh dibawah ini.

1. Rem rentan terhadap kegagalan

Saat berkendara di jalan menanjak atau menurun, rem sepeda motor matic bisa tidak berfungsi. Hal ini karena peningkatan penggunaan dapat menyebabkan disk membengkak dan terlalu panas.

BACA JUGA:Pentingnya Penggunaan Penerangan yang Tepat, Ini Fungsi Lampu Jauh dan Dekat pada Motor Matic

BACA JUGA:Alasan yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Motor Matic Honda Forza 250

 

Seperti diketahui, sepeda motor matic berbeda dengan sepeda motor manual karena dibantu dengan engine brake, terutama saat menuruni bukit.

2. Ban cepat aus

Ban sepeda motor matic pada umumnya berukuran kecil, dengan diameter pelek 14 inci. Pelek yang lebih kecil memungkinkan ban berputar lebih banyak daripada ban berdiameter lebih besar.

Ini berarti mereka lebih cepat aus dan perlu diganti lebih cepat.

3. Complex Kickstarter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: